get app
inews
Aa Read Next : Simak Keseruan Tradisi Imlek yang Dirayakan di Berbagai Negara Asia, Dari China hingga Filipina

Inilah 16 Pantangan di Tahun Baru Imlek, Salah Satunya Pinjam Uang

Selasa, 01 Februari 2022 | 06:30 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

WARGA Tionghoa di seluruh dunia bakal merayakan Tahun Baru Imlek pada 1 Februari 2022. Orang Tionghoa menganggap Tahun Baru Imlek sebagai tanda kebruntungan untuk tahun yang akan datang.

Tak heran jika hingga saat ini beberapa aturan kuno masih mereka pegang. Mereka juga berupaya untuk tidak melanggar berbagai pantangan yang mereka yakini. Sejumlah hal tabu pada Tahun Baru Imlek hanya akan dipertahankan selama beberapa hari pertama festival.

Sementara beberapa hal tabu lainnya dapat terus dilakukan hingga Festival Lentera pada hari ke-15 bulan lunar pertama, atau bahkan selama sebulan penuh.

Merangkum dari laman Travel China Guide, berikut  16 pantangan yang tidak boleh dlakukan selama Tahun Baru Imlek.

1. Menjaga perkataan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kata-kata. Kata-kata yang mengandung makna negatif harus dihindari dalam percakapan sehari-hari, seperti putus, kehabisan, kematian, hantu, pembunuhan, penyakit, kesakitan, kehilangan, dan kemiskinan. Semua kata ini harus diganti dengan eufemisme selama Festival Musim Semi.

2. Menyapu dan membuang sesuatu

Pada tanggal 1 bulan lunar, ada pantangan Tahun Baru Imlek untuk menyapu rumah dan membuang sampah. Jika tidak, semua tabungan dan barang berharga akan hanyut. Jika benar-benar perlu, pemilik rumah harus mulai menyapu dari luar ke dalam rumah, yang berarti mengumpulkan uang.

3. Minum obat atau pergi ke rumah sakit

Orang tidak boleh minum obat, atau menemui dokter sampai Festival Lentera tiba. Masyarakat percaya jika hal tersebut dilanggar maka mereka mungkin akan menderita penyakit sepanjang tahun, dan hampir tidak sembuh.

4. Memecahkan benda

Jangan pernah memecahkan mangkuk, piring, gelas, vas, atau cermin, karena pecah dapat digambarkan sebagai kerugian uang dan perpecahan keluarga di kemudian hari. Jika seseorang tidak sengaja memecahkan benda tersebut, maka pecahannya harus dikumpulkan dan dibungkus dengan kertas atau kain merah, dan kemudian dibuang pada hari kelima Tahun Baru.

5. Mencuci Pakaian

Dua hari pertama Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari ulang tahun Dewa Air. Jadi, jika seseorang mencuci pakaian selama dua hari tersebut, maka dewa akan tersinggung.

6. Menangis

Dipercaya bahwa tangisan anak-anak menandakan penyakit dan kemalangan yang dapat membawa nasib buruk bagi seluruh keluarga. Oleh karena itu, untuk menghindari tangisan anak, orangtua tidak boleh menghukum anak-anak mereka, bahkan jika mereka melakukan kesalahan atau nakal.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut