get app
inews
Aa Read Next : Rajab dan Perjalanan Waktu

Bulan Rajab, Ini 4 Keistimewaan di Dalamnya

Selasa, 01 Februari 2022 | 10:16 WIB
header img
BULAN Rajab sebentar lagi Muslim akan memasukinya. Saat ini sudah dipenghujung bulan Jumadil Akhir.   (Pixabay/Xegxef)

BULAN Rajab sebentar lagi Muslim akan memasukinya. Saat ini sudah dipenghujung bulan Jumadil Akhir. Bulan Rajab adalah bulan yang mulia selain bulan Ramadhan. 

sementara Rajab adalah bulan ketujuh dalam perhitungan kalender tahun hijriah.

Dilansir dari laman About Islam, Selasa (2/2/2022), berikut keistimewaan Bulan Rajab yang perlu diketahui sebagai berikut :


 (Foto: Freepik)

Bulan Rajab berbeda dari bulan suci lainnya (Zulqadah, Zulhijah, dan Muharram) karena berdiri sendiri di kalender Islam. Rajab adalah bulan kelima dari bulan suci lainnya.

Ini merupakan permulaan untuk membiasakan diri dalam beribadah sebelum menuju Ramadhan. Bayangkan Ramadan tanpa Rajab, pasti manusia terkaget-kaget menjalani bulan yang disibukkan dengan ibadah. Dengan mulai berpuasa di bulan Rajab, tentu akan lebih terbiasa ketika berpuasa di bulan Ramadan.

Berjuang tanpa batas 

Bulan Rajab dikenal dengan bulan yang damai. Pada zaman dahulu, orang-orang berhenti berperang ketika Rajab datang. Tidak ada lagi suara asahan pedang atau gemuruh suasana perang. Semua terasa tenang dan menyejukkan hati.

Bulan Rajab digunakan menahan amarah dan kesombongan manusia, tidak berdebat dengan orang lain. Justru sebaliknya, mencari solusi damai untuk masalah yang paling kecil sekalipun.

Bulan penuh pengampunan

Rajab juga dikenal sebagai "musim pengampunan." Nabi Muhammad Shallallahu ' Alaihi wa Sallambersabda: “Rajab adalah bulan mencari pengampunan, jadi mencari pengampunan dari Allah; Sesungguhnya Dia Maha Pengampun dan Maha Penyayang. ”

Ada banyak doa yang digunakan orang-orang selama bulan Rajab untuk meminta ampun kepada Allah Ta’ala.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut