get app
inews
Aa Read Next : Bentrok Berdarah Kelompok Preman di Pasar Baru Bekasi, Ini Penjelasan Polisi

Gelar Operasi Lilin 2023, Polres Bekasi Kerahkan 1.521 Personel

Jum'at, 22 Desember 2023 | 13:17 WIB
header img
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani pimpin Apel Gelar Operasi Lilin 2023

 

Jelang pelaksanaan Natal dan tahun baru (Nataru) Polres Metro Bekasi Kota mulai menggelar Operasi Lilin Jaya 2023, terhitung Jumat 22 Desember 2023 hari ini hingga 2 Januari 2024 mendatang.

Operasi dilakukan guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan ibadah natal maupun merayakan tahun baru. Bahkan, dalam rangka fokus penerapan protokol kesehatan di tengah trend kenaikan Covid-19 di Kota Bekasi.

"Operasi kali ini tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Sebab angka Covid-19 terus meningkat meski bukan masa pandemi," kata Kapolres Metro Bekas Kota, Kombes Pol Dani Hamdani, Jumat 22 December 2023.

Dani menyebut, dalam Operasi Lilin Jaya 2023 ini diibatkan sebanyak 1.521 personel gabungan. Adapun rinciannya 1.082 personel kepolisian, 339 personel gabungan terdiri dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan.

Polisi juga melibatkan potensi masyarakat mulai dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar), Pramuka hingga Organisasi Masyarakat (Ormas). Kelompok-kelompok tersebut akan terlibat selama pelaksanaan operasi.

"Kita siagakan sebanyak 1.521 personel  terdiri dari Polisi dan instansi lainnya seperti TNI, Satpol PP dan Dinas Kesehatan. Termasuk juga dari unsur potensi masyarakat lainnya," kata dia.

Baca; Cara Cek Tarif Tol Online Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Selama operasi berlangsung, ada 227 tempat ibadah akan diamankan selama pelaksanaan natal. Sementara ada beberapa tempat ibadah yang akan dilakukan sterilisasi sebelum pelaksanaan ibadah.

Ia mengatakan, tempat-tempat ibadah yang dilakukan sterilisasi merupakan tempat ibadah yang mengajukan permohonan sterilisasi. Hal ini mengingat keterbatasan personel kepolisian itu sendiri.

Dalam pengamanan Natal, ada sejumlah ancaman kejahatan yang mungkin terjadi salah satunya tindak terorisme. Oleh karena itu, kepolisian akan melakukan upaya diteksi dini untuk mencegah tindak kejahatan.

"Kita akan melakukan diteksi dini terhadap upaya ataupun potensi gangguan kejahatan pada saat pelaksanaan ibadah natal. Termasuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan," kata dia.

Selain menyiagakan personil di gereja, petugas juga menerjunkan personil di sejumlah pos keamanan maupun pelayanan. Pos-pos tersebut tersebar di sejumlah wilayah terutama di pusat keramaian.

Editor : M Hary Fauzan

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut