get app
inews
Aa Read Next : Papmiso Gelar Tasyakuran Bagikan Bakso Gratis 1.000 Porsi dan Door Prize di Cikarang

Menteri BUMN Erick Thohir Ajak Papmiso Buka Cold Storage Sambil Jajan Bakso di Cikarang

Kamis, 03 Februari 2022 | 07:00 WIB
header img
Menteri BUMN Erick Thohir mengajak pedagang mi dan bakso di Jabodetabek buka cold storage. (Foto: Istimewa)

BEKASI, iNews.id - Pedagang mi dan bakso yang tergabung di Paguyuban Pedagang mi dan Bakso (Papmiso) Indonesia diajak membuka gudang penyimpanan (cold storage) daging sapi di wilayah Jabodetabek.

Ajakan ini disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk menyiasati persoalan yang dihadapi para pedagang mi dan bakso, yakni terkait ketersediaan dan tingginya harga daging sapi.

”Memang perlu cold storage. Jadi kalau harga daging sapi lagi murah, ya bagusnya memang dibeli, disimpan dengancold storageyang baik,” kata Erick Thohir saat berdialog dengan para pedagang mi dan bakso di Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Rabu (2/2/2022). 

Rencananya, gudang penyimpanan daging sapi ini akan dikelola oleh Koperasi Papmiso bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Persero) selaku induk holding BUMN pangan dengan menggandeng PT Berdikari (Persero).

”Kita coba pilot project dulu di sini. Mungkin kita akan gandengan RNI dan Berdikari. Termasuk BRI untuk membantu pembiayaan dan pendampingan anggota koperasi, ini yang dibutuhkan mereka dan harus segera terealisasi,” ujarnya.

Erick menjelaskan tingginya kebutuhan daging membuat pemerintah terpaksa melakukan impor daging guna menjaga ketersediaan daging di pasaran. Sebagai importir, kenaikan harga tentu tidak bisa dihindari sehingga gudang penyimpanan daging menjadi salah satu opsi mengurangi belanja.

”Jadi ketika harga daging mahal, kita punya stok. Kenaikan harga daging ini kan fluktuatif, biasanya tiap tahun berulang-ulang (biasanya jelang hari raya keagamaan, tahun baru, dll). Jadi ketika harga murah, daging dibeli dan disimpan,” ungkapnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut