get app
inews
Aa Text
Read Next : Sejarah Bapelkes Lemahabang Cikarang, Bangunan Abad 17 Milik Tuan Tanah Michield Arnold

100% Pelanggan PLN Bekasi Daya di Atas 6,6 kVA Sudah Pasang AMR, Ini Manfaatnya

Minggu, 14 Januari 2024 | 20:41 WIB
header img
PLN UP3 Bekasi telah memasang 100 persen kWh meter AMR untuk pelanggan dengan daya di atas 6,6 kVA atau sebanyak 8.261 pelanggan. Foti/Istimewa

BEKASI, iNews.id- PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi menyatakan awal 2024 ini telah memasang 100 persen kWh meter Automatic Meter Reading (AMR) untuk pelanggan 3 Phasa dengan daya di atas 6,6 kVA atau sebanyak 8.261 pelanggan. Ribuan pelanggan ini tersebar pada 6 wilayah kerja di bawah PLN UP3 Bekasi.

Keenam wilayah itu meliputi Unit Layanan Pelanggan (ULP) Medan Satria, ULP Bekasi Kota, ULP Babelan, ULP Bantar Gebang, ULP Mustikajaya, dan ULP Prima Bekasi. 

"Jumlah tersebut terdiri dari beberapa kelompok golongan tarif yaitu tarif bisnis, industri, pemerintah, rumah tangga, dan sosial. Kelompok golongan tarif bisnis mendominasi dengan jumlah sekitar 60% lebih dari total pelanggan 3 phasa daya di atas 6,6 kVA yang terpasang AMR," ungkap Manajer PLN UP3 Bekasi, Redi Zusanto dalam rilis yang diterima bekasi.inews.id pada Minggu (14/1/2024). 

Redi menjelaskan, AMR adalah teknologi otomatis pembacaan meter energi listrik menggunakan software tertentu melalui saluran komunikasi PSTN, GSM, PLC, dan frekuensi radio secara terpusat dan terintegrasi untuk mendapatkan data beban energi listrik real time.

Garis besar manfaat AMR, lanjut dia, dapat mencatat pengukuran energi dengan sangat akurat dan lebih efisien tanpa harus membaca meteran secara fisik ke lapangan. Keluhan terhadap kesalahan pencatatan meter berkurang, pencatatan meter AMR tepat waktu sehingga proses rekening lebih cepat.

"Manfaat lainnya, pelanggan bisa memantau setiap saat pemakaian energi listrik. Dan, yang terakhir AMR memberi informasi kepada pelanggan tentang data pemakaian energi listriknya," ujarnya.

Redi menuturkan, manfaat AMR dapat membantu pencatatan pengukuran pemakaian energi listrik pelanggan secara akurat dan real time dikarenakan sistem AMR sudah diterapkan secara integrasi pada billing system dimana output data AMR langsung dijadikan input data proses penerbitan rekening tanpa melakukan entry data lagi. 

“Mengingat pertumbuhan pelanggan AMR pelanggan daya besar 3 phasa di wilayah Bekasi terus meningkat, maka untuk menunjang sistem kinerja AMR tersebut kami rutin melaksanakan preventive maintenance oleh tim khusus yang disebut Tim AMR YANTI,” katanya.

Redi mengungkapkan, salah satu fungsi dan manfaat AMR dari sisi pelanggan adalah membantu program penghematan biaya listrik. AMR dapat membaca data berkesinambungan dan memantau di mana energi listrik terbesar digunakan setiap saat. Dan, data AMR ini telah terbukti mendorong pelanggan untuk mengatur penggunaan energi listrik.

“Penggunaan AMR dapat membantu pelanggan menentukan peralatan apa saja yang masuk kategori boros listrik dengan cara melihat waktu kejadian lonjakan pemakaian energi listrik terbesar,” ucap Redi.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut