get app
inews
Aa Read Next : Lapas Cikarang Bagikan 300 Takjil-Menu Buka Puasa untuk Pengguna Jalan

Wamendag Jerry Sambuaga Resmikan Factory Outlets Cikarang Trade Center di Kota Jababeka

Sabtu, 27 Januari 2024 | 12:52 WIB
header img
Wamendag Jerry Sambuaga berfoto bersama dengan Founder and Chairman PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono serta Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat peresmian Factory Outlets Cikarang Trade Center. Foto Istimewa

BEKASI, iNews.id- Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meresmikan Factory Outlets Cikarang Trade Center di Aula Gedung President University Convention Center Cikarang, Kota Jababeka, Kabupaten Bekasi. Factory Outlets Cikarang Trade Center ini digelar Pemkab Bekasi yang didukung
oleh PT Jababeka Tbk. 

Factory Outlets Cikarang Trade Center merupakan pusat kegiatan perdagangan yang mengundang 2.000 tenant industri dari 34 negara di Kawasan Industri Jababeka hingga pelaku usaha UMKM se-Kabupaten Bekasi. Termasuk juga pelaku usaha binaan dari Dinas Perindustrian Pemkab Bekasi yang sudah berorientasi ekspor. 

Acara ini dibuka pada Jumat, 26 Januari 2024 dan diikuti sebanyk 50 exhibitor yang menghadirkan jasa maupun produk unggulan dengan harga pabrik, seperti produk otomotif, minuman dan makanan, produk makanan yang dibekukan, agrobisnis, fashion, dan kerajinan. 

Tujuan hadirnya Factory Outlets Cikarang Trade Center adalah untuk memberikan peluang bagi para pelaku usaha meningkatkan penjualan, memperluas jaringan bisnis dan membuat masyarakat lebih mengenal produk atau jasa dari perusahaan-perusahaan yang berada di Kabupaten Bekasi. 

Selain itu, penyelenggaraan Factory Outlets Cikarang Trade Center tahun 2024 ini juga menghadirkan, seminar bulan 3K nasional, rangkaian talkshow, lomba mewarnai dan panggung hiburan dengan guest star band ternama: Govinda.

Dalam sambutannya, Wamendag Jerry Sambuaga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Bekasi atas inisiasinya menghadirkan Factory Outlets Cikarang Trade Center bagi masyarakat Kabupaten Bekasi. 

"Factory Outlets Cikarang Trade Center ini sangat bagus, dan saya yakin bisa membuat masyarakat lebih mengenal produk dan jasa unggulan yang di Kabupaten Bekasi dan mempercepat pertumbuhan ekonomi,” kata Jerry Sambuaga dalam siaran tertulis yang diterima bekasi.iNews.id pada Sabtu (27/1/2024).

Jerry Sambuaga menekankan pentingnya Pemkab Bekasi mendukung pelaku usaha UMKM sebagai kunci ekonomi dalam sebuah kota, kabupaten dan negara. Di mana kontribusi UMKM terhadap PDB nasional sebesar lebih dari 60 persen lebih.

Jerry meyampaikan arahan untuk terus memperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan UMKM dan pihak swasta, sehingga hadir terobosan baru maupun memperkuat program kerja sama yang sudah ada, termasuk Factory Outlets Cikarang Trade Center diharapkan menjadi event tahunan. 

Jerry menuturkan, pihaknya siap memberikan bantuan jika memang butuhkan, seperti pelatihan dan pendampingan hingga pelaku usaha di Kabupaten Bekasi bisa ekspor.

Pembukaan dipadati pengunjung

Dalam event tersebut, Jerry Sambuaga berkesempatan keliling melihat booth-booth di Factory Outlets Cikarang Trade Center, antara lain booth motor-mobil listrik-nya Wuling Motors, Hyundai dan ALVA, booth velg dan aksesori mobil dari CHEMCO Harapan Nusantara, booth-booth aneka minuman makanan dari Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia, booth es krim milik Diamond Ice Cream dan Aice, booth makanan yang dibekukan Kimbo, booth olahan Keju dari MEG Cheese, booth baju dari Dara Fashion dan Valentine Batik serta booth roti Sari Roti. 

Terlihat animo masyarakat sangat tinggi di mana ribuan pengunjung memenuhi tiap booth untuk melihat maupun membeli produk.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengaku optimis akan manfaat dari Factory Outlets Cikarang Trade Center. Menurutnya, event expo ini efektif dalam mengenalkan produk dari pelaku usaha binaan UMKM dari dinas-dinas Pemkab Bekasi dan perusahaan di Kawasan Industri Jababeka kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Bekasi. 

Sehingga mengetahui produk apa saja produk atau jasa dihasilkan di Kabupaten Bekasi.

“Kenapa (Factory Outlets Cikarang Trade Center) perlu dilaksanakan, menurut pakar negara maju itu dilihat dari bagaimana masyarakatnya berproduksi. Industri di Kabupaten Bekasi telah menjadi pusat industri nasional. Selain itu pertaniannya juga ada, jadi kita sudah kuat fondasinya. Tapi kita ingin (Kabupaten Bekasi)tidak hanya kuat di industrinya, tapi juga perdagangan. Dan kita belum punya pusat perdagangan. Inilah embrio untuk jadi pusat perdagangan. Kita akan terus kembangkan, di mana rencananya akan digelar satu tahun sekali,” ujar Dani.

Dani Ramdan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, yaitu PT Jababeka Tbk, President University, APJI (Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia), Wanita Bekasi Keren, yang terlibat aktif menyukseskan event ini. 

Dani Ramdan berharap pihaknya bisa terus bekerja sama untuk menghadirkan Factory Outlets Cikarang Trade Center lebih meriah di tahun mendatang, yaitu mengajak pelaku usaha dan vendor yang lebih besar. Sehingga dampaknya lebih siginifikan ke masyarakat.

Jababeka dukung Factory Outlets Cikarang Trade Center

Founder and Chairman PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono mengatakan, Factory Outlets Cikarang Trade Center hadir sebagai sarana yang tepat untuk mengenalkan dan mempromosikan barang, termasuk pabrik-pabrik di Kawasan Industri Jababeka. 

Karena dengan booth yang didapatkan secara gratis dan rangkaian acara yang telah dibuat menarik, event expo Factory Outlets Cikarang Trade Center bisa mempertemukan pembeli dan konsumen yang bisa meningkatkan ekonomi Kabupaten Bekasi. 
  
"Saya pikir ini langkah maju bagaimana semua pihak bersatu di satu acara menampilkan pelaku usaha di Kabupaten Bekasi dan bisa mengenalkan produk unggulan mereka ke masyarakat. Karenanya, kami mendukung Factory Outlets Cikarang Trade Center, dan siap berpartisipasi di tahun depan," ujar Setyono Djuandi Darmono.

Setyono Djuandi Darmono menyampaikan bahwa PT Jababeka Tbk bersama anak usaha unitnya ikut berpartisipasi dengan menyiapkan promo khusus, yaitu  Jababeka Residence, Jababeka Industrial Estate, KEK Tanjung Lesung, dan KEK Morotai. 

Contohnya, Jababeka Residence yang memberikan hadiah logam mulia sampai dengan 100 gram tanpa diundi bagi konsumen yang membeli ruko.

Adapun hadir dalam pembukaan Factory Outlets Cikarang Trade Center dihadiri Hyanto Wihadhi salah satu Direktur PT Jababeka Tbk, Rektor President University Prof Chairy, dan  Ketua Yayasan Pendidikan Presiden Prof Budi Susilo Soepandji, pejabat tinggi Pemkab Bekasi, dan 23 camat. 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut