get app
inews
Aa Read Next : Alami Gangguan Kamtibmas, Kapolsek Cikarang Barat Sebar Nomor Hotline Kepolisian

Deretan Wilayah di Bekasi dan Jakarta yang Menggunakan Nama Pondok

Senin, 29 Januari 2024 | 09:37 WIB
header img
Kepadatan lalu lintas di Jalan Raya Hankam, yang masuk di wilayah Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. Foto/Istimewa

BEKASI, iNews.id- Sejumlah daerah di Bekasi dan Jakarta memperlihatkan kesamaan dalam penggunaan kata "Pondok" sebagai nama depannya. Mulai dari Pondok Gede hingga Pondok Kopi, keberadaan kata tersebut telah menjadi sesuatu yang umum di wilayah Jabodetabek. 

Beberapa kecamatan dan banyak kelurahan di wilayah ini mengenakan kata "Pondok" sebagai awalan nama mereka.

Berikut adalah tujuh daerah di Bekasi dan Jakarta yang menggunakan kata "Pondok" sebagai awalan:

1. Pondok Gede

Pondok Gede merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Bekasi. Pada awalnya, daerah ini merupakan kecamatan terluas di Kabupaten Bekasi sebelum masuk dalam wilayah Kota Bekasi. Menurut buku "Sedjarah Pemerintahan Kota Djakarta," pada tahun 1775, Pondok Gede adalah lahan pertanian dan peternakan yang disebut Onderneming. Di sini, terdapat sebuah rumah besar milik Johannes Hoojiman, seorang tuan tanah. Nama "Pondokgede" muncul karena ukuran rumah tersebut yang besar.

2. Pondok Melati

Wilayah ini awalnya dikenal sebagai Jati Melati yang berlokasi di selatan Pondok Gede. Pada tahun 2025, berdasarkan Perda Kota Bekasi Nomor 03 Tahun 2005 Tentang Perubahan Pertama Perda Kota Bekasi Nomor 04 Tahun 2004 Tentang Pembentukan Wilayah Administratif Kecamatan dan Kelurahan Kota Bekasi, Kecamatan Pondok Melati secara resmi berdiri.

3. Pondok Bambu


Pondok Bambu merupakan kelurahan yang terletak di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Luas area Kelurahan Pondok Bambu mencapai 499 hektar dengan jumlah 174 RT dan 12 RW, menurut Kota Administrasi Jawa Timur.

4. Pondok Indah

Berbeda dari daerah lain yang telah disebutkan, Pondok Indah adalah kawasan pemukiman elit yang terletak di wilayah Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dibangun sejak tahun 1970-an oleh Pondok Indah Group di bawah naungan PT Metropolitan Kentjana Tbk., milik Siti Hartati Murdaya.

5. Pondok Labu

Pondok Labu adalah nama kelurahan di Cilandak, Jakarta Selatan. Sebelumnya, wilayah ini merupakan kawasan pertanian dan perkebunan, namun beralih menjadi wilayah pemukiman pada masa Gubernur Ali Sadikin.

6. Pondok Pinang

Wilayah ini, tempat bernaungnya Pondok Indah, merupakan kelurahan di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Meskipun demikian, nama Pondok Indah lebih dikenal daripada Pondok Pinang.

7. Pondok Kopi

Pondok Kopi adalah kelurahan di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Wilayah ini menjadi tempat asal mula pengenalan tanaman kopi di Nusantara pada tahun 1699, ketika Jenderal Adrian van Ommen berhasil membawa bibit kopi Arabika ke daerah ini, setelah upayanya sebelumnya terkena banjir.

Selain ketujuh daerah tersebut, beberapa daerah lainnya juga menggunakan awalan "Pondok," seperti Pondok Aren, Pondok Kelapa, hingga Pondok Ranji.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut