get app
inews
Aa Read Next : FEB UI Raih Posisi Puncak Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

Ratusan Peserta Industri Film Antusias Ikut ILUNI UI Movie Award Competition 2024

Selasa, 12 Maret 2024 | 13:14 WIB
header img
Ketua Pelaksana IMAC 2024 Sri Bandoro. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menggelar ILUNI UI Movie Award Competition (IMAC) 2024. Acara ini sukses diikuti ratusan peserta industri kreatif film di Tanah Air. 

Ada tiga kategori yang dilombakan dalam ajang ini. Yaitu kategori pelajar, mahasiswa dan umum, serta dokumenter. 
Ketua Pelaksana IMAC 2024 Sri Bandoro mengatakan, IMAC 2024 ini pertama kali digelar oleh ILUNI UI. Ini merupakan upaya ILUNI UI mendukung industri kreatif khususnya di bidang film.

“Ketua ILUNI UI saat ini Bang Didit Ratam ingin mendukung penuh industri kreatif yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan mendukung industri film,” kata Bandoro pada Selasa (12/3/2024).

Walaupun baru pertama digelar namun antusiasme peserta sangat tinggi. Panitia menerima sebanyak 265 film yang terkumpul pada penutupan 22 Februari 2024. IMAC memiliki sejumlah program yang diresmikan pada 18 Desember 2023. 

Pembukaan pendaftaran peserta dibuka 19 Desember hingga 22 Februari 2024. Dari ratusan film yang masuk, kemudian disaring menjadi delapan film terbaik.

“Kami juga adakan grand closing yang isinya ada skrining film, poster film exhibition dari delapan film terbaik IMAC 2024 dan pemberian penghargaan,” ujarnya.

Dari kategori yang dilombakan, diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Menurut Bandoro, saat ini sudah mulai terlihat geliat industri film pendek. Di industri film pendek banyak sineas yang dapat melakukan eksperimen.

“Skrining film yang sudah kita lakukan kita tampilkan beberapa film pendek yang sudah menang di festivla internasiona. Seperti film Ekperimental. Nah disitulah para sineas bisa terinspirasi dari sineas Indonesia yang sudah berprestasi dan kita tonton filmnya untuk lebih menggairahkan lagi sineas untuk membuat film yang baik lagi,” paparnya.

Sementara itu, Anandia Nurita sebagai salah satu dewan juri akhir sangat mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam IMAC 2024. Dia tidak menyangka tingginya antusiasme peserta yang mendaftar.

“Itu diluar dugaan karena waktu yang kita punya untuk kurasi dan penjurian itu waktunya tidak terlalu panjang. Jadi sebenarnya kita jadi excited karena banyak yang antusias untuk terlibat dalam kompetisi ini,” ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut