get app
inews
Aa Read Next : Momen saat Imam Masjidil Haram Syekh Sudais Bertanya ‘Mana Indomie? di Arab Saudi

Jadi Makanan Favorit Sejuta Umat di Indonesia, Simak Kisah Jatuh Bangun Pemilik Indomie

Sabtu, 12 Februari 2022 | 07:38 WIB
header img
Kisah jatuh bangun pemilik Indofood, perusahaan produsen Indomie, makanan sejuta umat di Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kisah jatuh bangun pemilik Indomie, makanan sejuta umat favorit di Indonesia begitu menginspirasi akan dibahas dalam artikel ini. Sudono Salim selaku pendiri Salim Group, induk beberapa perusahaan termasuk perusahaan produsen Indomie, PT Indofood Sukses Makmur, merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Pengusaha bernama asli Liem Sioe Liong ini lahir pada 16 Juli 1916 di Fuqing, Fujian, China. Dia merupakan anak petani yang putus sekolah pada usia 15 tahun. Setelah putus sekolah, dia membantu keluarganya dengan berjualan mi. 

Pada 1939, dia memutuskan mengikuti jejak kakaknya yang lebih dahulu hijrah ke Indonesia untuk menjalankan bisnis dan mengubah nasibnya. Kota yang pertama didatangi adalah Kudus, Jawa Tengah. Di kota ini, dia sempat bekerja sebagai buruh pabrik tahu dan kerupuk. 

Setelah itu, dia menjajal bisnis jual beli cengkeh dan tembakau. Dengan bantuan modal dari mertuanya, bisnisnya berkembang pesat. Bahkan dia menjadi bandar cengkeh dan tembakau di Kudus. 

Namun pada awal 1940-an, bisnisnya bangkrut karena invasi Jepang ke Indonesia. Kendati demikian, itu tak lama, kemampuan bisnisnya melihat peluang usaha yang potensial membuatnya berhasil bangkit dari keterpurukan. Saat Indonesia merdeka, dia memutuskan pindah ke Jakarta dan menjalankan bisnis logistik, medis dan persenjataan untuk tentara. 

Bisnis barunya berjalan lancar, tapi dia tak berhenti. Salim melakukan ekspansi bisnis ke berbagai sektor. Bersama Djuhar Sutanto, Sudwikatmono, dan Ibrahim Risjad, Salim mendirikan perusahaan tepung terigu bernama PT Bogasari, yang dalam perjalanannya menjadi perusahaan tepung terigu terbesar di Tanah Air.

Pada 1990, dia mendirikan Indofood, dengan produk utama mi instan dengan nama Indomie. Rasanya yang cocok dengan lidah masyarakat, membuat mi instan ini disukai jutaan masyarakat Indonesia. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut