Logo Network
Network

Pemkab Bekasi Gelar Ramadhan Festival di Tambun, Ada Apa Saja?

Ade Suhardi
.
Minggu, 24 Maret 2024 | 22:57 WIB
Pemkab Bekasi Gelar Ramadhan Festival di Tambun, Ada Apa Saja?
Pemkab Bekasi menggelar Ramadhan Festival di Gedung Juang 45, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. FOTO/Ade Suhardi

BEKASI, iNewsBekasi.id- Ramadhan Festival kembali digelar oleh Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi di Gedung Juang 45 Bekasi Jalan Sultan Hasanudin, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Festival kali ini memasuki tahun ketiga dalam penyelenggaraannya. 

Kepala Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga, Imam Nugraha mengatakan, Ramadhan Festival ditujukan dalam memfasilitasi para pelaku seni dan budaya dalam melestarikan kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten Bekasi.

"Ramadhan festival ya, di sini kegiatannya adalah pusat dari seni dan budaya serta untuk juga mewujudkan salah satu sarana pemulihan ekonomi kita liat disini ada bazaar, yang diisi oleh para pelaku UMKM juga tentunya ada pagelaran seni budaya sebagai wadah seniman kabupaten Bekasi untuk bisa melestarikan dan mengembangkan budaya kita berikan sarana untuk bisa tampil di Ramadhan festival ini," kata Imam saat ditemui di lokasi Ramadhan Festival, Minggu (24/3/2024) malam.

Selain itu, lanjut Imam, Ramadhan Festival juga menjadi sarana pusat pemulihan ekonomi bagi para pelaku UMKM, dengan konsep gelaran yang menyediakan stand-stand mulai dari kuliner, pakaian dan aksesoris, serta perlengkapan kebutuhan masyarakat lainnya.

"Sebagai kegiatan kesempatan juga kepada masyarakat sekitarnya agar bisa di bulan Ramadhan ini bisa kalau istilah kita ini ngabuburit ya, sambil melihat pagelaran seni budaya, maupun kuliner produksi UMKM," ucapnya.

Imam menuturkan, di tahun ketiga ini ada sebanyak 60 pelaku UMKM serta pelaku seni dan budaya terlibat dalam gelaran Ramadhan Festival tersebut. Sehingga memberikan warna dan kesan yang berbeda dari tahun sebelumnya.

"Ya tentunya melibatkan UMKM juga melibatkan juga bukan hanya seni budaya kita juga mengadakan lomba ya ada lomba dai cilik, lomba kaligrafi anak, terus lomba bedug jadi seni budaya islami kita coba kembangkan juga kita lestarikan kita wujudkan di Ramadhan festival ketiga ini," tuturnya.

Imam menambahkan, acara tersebut diselenggarakan mulai dari tanggal 24 Maret hingga 31 Maret 2024, dan rencananya puncak acara Ramadhan Festival akan hadiri langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

"Ramadhan Festival ini diharapkan bisa jadi acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, selain meningkatkan seni budaya islami juga pemulihan ekonomi bagi UMKM di Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.