get app
inews
Aa Read Next : 3 Pejabat Pemkot Bekasi Masuk Radar Golkar untuk Pilkada, Sekda Junaedi: Kalau Maju Harus Berhenti

Pemerintah Butuh 2,3 Juta CPNS, 600 Ribu Formasi 2024 untuk Fresh Graduate

Rabu, 17 April 2024 | 13:24 WIB
header img
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pada tahun ini pemerintah menyiapkan 2,3 juta formasi CPNS 2024. Adapun 690.822 formasi CPNS dapat dilamar oleh fresh graduate. (Dok. BKN)

JAKARTA, iNewsBekasi.id  - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pada tahun ini pemerintah menyiapkan 2,3 juta formasi CPNS 2024. Adapun 690.822 formasi CPNS dapat dilamar oleh fresh graduate.

"Kita membutuhkan kurang lebih 600 ribu fresh graduate. Nantinya akan terseleksi terbuka transparan tidak lagi ada istilah orang dalam. Tidak ada lagi istilah ASDP (anak saudara dan ponakan) karena di situ semua sistemnya CAT,"kata Anas di kantor Kementerian Kominfo, Rabu (17/4/2024).

Banyaknya pembukaan formasi untuk fresh graduate dikarenakan pihaknya memprediksi dalam lima tahun ke depan (2023-2027) akan ada sebanyak 671.731 ASN yang pensiun. Sekaligus mencari para generasi muda yang ingin mengabdi untuk bangsa dan negara. 

"Ketika kami laporkan kepada Pak Presiden bahwa tahun ini diperlukan rekrutmen fresh graduate karena selama ini lebih banyak PPPK. Maka saya dikomplain oleh fresh graduate 'pak menteri emang republik ini Republik honorer padahal kami anak baru lulus siap mengabdi kepada bangsa dan negara kapan kami diberi formasi?',"ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa formasi tersebut nantinya juga akan ikut mengisi keperluan pegawai di Ibukota Negara (IKN). 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut