get app
inews
Aa Read Next : Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Singgung Soal Zakat

Kisah Amir Khan, Perjuangan Petinju Muslim yang Ingin Tunjukkan Wajah Islam di Amerika Serikat

Sabtu, 19 Februari 2022 | 11:24 WIB
header img
Kisah Amir Khan, Perjuangan Petinju Muslim yang Ingin Tunjukkan Wajah Islam Sesungguhnya di Amerika (Foto: The Sun)

KISAH Amir Khan, perjuangan petinju muslim yang ingin menunjukkan wajah Islam sesungguhnya di Amerika Serikat usai tragedi serangan teroris 9/11 silam. Motivasi dia tak hanya bertinju namun ingin mengenalkan Islam sesungguhnya lewat prestasi di ring tinju.

Saat kami berkendara ke utara di Interstate 880 menuju pusat kota Oakland pada Jumat malam yang dingin di musim dingin ini, Amir Khan mengajukan pertanyaan yang tidak dapat saya jawab dengan percaya diri. ''Lihat bukit di sebelah kanan itu,''kata Khan. ''Apakah itu kuil? Bisakah kamu melihatnya?”

Khan, seorang petinju muslim juara dunia dua kali, membagi waktunya antara negara asalnya Bolton, Inggris, dan Bay Area. Kami sedang dalam perjalanan ke acara amal Three Wise Men Toy Giveaway, yang diselenggarakan oleh Departemen Kepolisian Oakland dan gedung yang diterangi cahaya megah itu memudar di kejauhan. 

''Itu mungkin masjid,'' kata Khan. ''Masjid itu penting. Itu bagus untuk membuat mereka dekat. Itu tempat favoritku untuk pergi.''

Setiap hari Jumat sekitar pukul 13:30, Khan, seorang Muslim yang taat, menghabiskan sorenya dengan sholat di sebuah masjid dekat markas pelatihannya di Hayward. Lebih dari segalanya, agama terbukti dalam semua aspek kehidupan Khan.

Di masjid, Khan bergaul dengan penduduk setempat, berdiri bersama mereka dalam ibadah, bertukar cerita dan melanjutkan perjalanan. Tanpa pertanyaan, Khan adalah petinju Muslim paling populer sejak Cassius Clay mengubah namanya menjadi Muhammad Ali dan masuk Islam lebih dari 50 tahun yang lalu. 
Seperti halnya dengan Ali, mustahil bagi Khan untuk memisahkan keyakinan agamanya dari stereotip dan polarisasi lanskap politik saat ini. ''Ali adalah seorang juara di dalam dan di luar ring tinju karena dia membela apa yang dia yakini; Saya dengan cara yang sama. Saya membela diri saya sendiri,"kata Khan. 

''Saya tidak takut mengatakan saya seorang Muslim. Saya pikir beberapa orang akan takut untuk mengatakan bahwa mereka adalah Muslim, terutama pada saat ini, tetapi saya seorang Muslim yang bangga. Ada banyak Muslim baik di luar sana yang menentang terorisme, yang menentang, Anda tahu, orang-orang yang saling membunuh.”

Tapi tidak seperti Ali, yang berdiri di garis depan kontroversi, Khan ingin menjauh dari politik dan fokus pada pekerjaan amal. Bagi Khan, menunjukkan apa artinya menjadi seorang Muslim yang baik dimulai dari tempat yang sederhana. Itu dimulai dengan menunjukkan bahwa dia adalah orang yang baik. 

Pertarungan Khan pada 7 Mei di T-Mobile Arena di Las Vegas melawan juara kelas menengah yang sangat disukai, Saul ''Canelo'' Alvarez. Kala itu, dia melawan Canelo sebagai underdog untuk pertama kalinya dalam karier tinju profesionalnya dalam apa yang dijanjikan sebagai acara tinju yang paling dinanti tahun ini hingga saat ini. 

Penggemar Khan, yang berjumlah 1,4 juta di Instagram, mengatakan nama-nama besar olahraga itu, seperti Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao, telah menghindarinya. Para penentang memperdebatkan validitasnya sebagai petarung elite karena dia belum membuktikan dirinya melawan petinju terbaik.

Lahir di Inggris dari keluarga Pakistan, Khan menjadi terkenal di Inggris ketika ia memenangkan medali perak di Olimpiade Athena 2004 saat berusia 17 tahun. Dia telah melalui tantangan sebagai seorang profesional, menghadapi banyak yang terbaik di kelas berat 140 dan 147 pon—termasuk kemenangan atas Zab Judah dan Marcos Maidana. 

Kembali ke rumah di Inggris, di mana tinju adalah salah satu olahraga yang lebih populer, Khan menjadi sorotan. Popularitasnya telah membuatnya mendapatkan teman di tempat yang tinggi. Setelah ditolak visanya untuk bepergian ke Amerika Serikat pada peringatan serangan teroris 9/11, Khan menelepon Perdana Menteri Inggris David Cameron untuk meminta bantuan.

Kepala pemerintahan bernegosiasi dengan pejabat imigrasi bandara atas nama Khan untuk menyelesaikan masalah ini. Dia naik pesawat beberapa menit kemudian. Tahun lalu, Pangeran Charles mengunjungi proyek National Citizen Service (yang memberikan kesempatan kepada remaja Inggris untuk bekerja secara sukarela di komunitas di seluruh Inggris) karena ''King'' Khan adalah sponsor utamanya. 

Sama seperti AS yang melihat Stephen Curry bermain golf dengan Obama, Inggris mendapat kejutan dari Pangeran Charles dan Khan yang berbagi cerita cedera olahraga. Bleacherreport menuliskan, terlepas dari status megabintang di negara asalnya, Khan memilih untuk bertarung di AS karena "ini adalah tempat kelahiran tinju," kata Khan. ''Aku bisa kembali ke rumah. Tapi saya ingin menjadi bintang di Amerika Serikat.''

Khan Army, fanbase fanatik yang dipimpin oleh teman masa kecil Khan, Majid Dad, menunjukkan kekaguman tanpa syarat untuk Amir, seperti yang diamati petinju selama pertarungan terakhirnya di New York. 

''Saya bertarung di New York di mana serangan teroris 9/11 terjadi, dan semua orang takut berada di sekitar Muslim, tetapi saya memenuhi stadion,” kata Khan. ''Barclay Center penuh selama pertarungan terakhir saya [melawan Chris Algieri pada Mei 2015]. Ada orang Muslim, Inggris, dan Amerika duduk bersama. Saya menyatukan orang melalui tinju. Saya memiliki orang-orang yang mendukung saya di seluruh dunia.”

Hasil pertarungan Canelo kemungkinan akan menciptakan konsensus tentang legitimasi Khan sebagai petarung elite. Itu mungkin juga mengubah ambisi jangka panjangnya dalam olahraga. Kemenangan atas Canelo bisa membuat Khan menjadi ''pria'' di tinju. Tapi kekalahan bisa berarti dia tidak akan pernah mendapatkan pertarungan sebesar ini lagi. 

''Saya sangat beruntung,” kata Khan. ''Saya mendapatkan banyak cinta dari orang-orang di Amerika Serikat dan Inggris, baik Muslim maupun non-Muslim. Saya mendapatkan banyak cinta dari orang-orang yang ingin melihat saya sukses.” 

Di luar ring, Khan memimpin dengan memberi contoh, menjadikan kesuksesannya di dalamnya sebagai komoditas berharga yang lebih dari sekadar dolar dan poundsterling. Dia ingin upaya amalnya terlihat sejelas mungkin, dan dia ingin memiliki jangkauan yang luas. "Saya melakukan hal-hal baik di dunia selain tinju," kata Khan. ''Saya ingin anak-anak muda mengikuti jejak saya dan melakukan hal-hal positif. Orang-orang di seluruh dunia mengenal Amir Khan. Bukan hanya umat Islam. Saya pikir orang-orang mengikuti saya karena saya fokus pada hal-hal yang baik.''

AmirKhanWorld.com memiliki bagian Beyond Boxing yang menampilkan kehidupan petarung di luar olahraga. Ketika dia tidak berada di ring busting head, Khan membantu membangun panti asuhan di negara berkembang. Dia menjadi sukarelawan di seluruh dunia, membantu korban bencana alam dan pengungsi dalam kemiskinan. 

Dunia Muslim Khan jauh berbeda dari yang kita lihat di film-film aksi dan berita-berita yang menempatkan Islam dan terorisme bergandengan tangan. Dia dibesarkan di Bolton, sebuah kota yang tenang di Manchester County, Inggris, dengan orang tuanya, dua saudara perempuan dan satu saudara laki-laki, Haroon "Harry" Khan, yang juga seorang petinju profesional. 

Keluarga tersebut membangun bisnis di seputar kesuksesan Amir di atas ring, termasuk Amir Khan Academy, sebuah perusahaan yang mendirikan sasana tinju di Bolton dan Islamabad, Pakistan, untuk membantu anak-anak menjauhi jalanan. Tapi gambaran umum teroris di media memaksa Khan untuk berjuang dalam pertempuran yang lebih besar daripada yang akan dia hadapi di ring tinju. Dia meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang dekat dengan hati banyak orang yang merasakan efek global terorisme. 

''Menjadi seorang Muslim atau pergi ke masjid tidak mengajarkan Anda untuk menjadi teroris. Itu kesalahpahaman besar," kata Khan. ''Jika para teroris ini membaca Al-Qur’an atau mengikuti Al-Qur’an, mereka akan tahu bahwa orang-orang Muslim diajarkan untuk menghormati semua agama yang berbeda dan menghormati orang-orang secara umum.” 

Hasil pertarungan Canelo kemungkinan akan menciptakan konsensus tentang legitimasi Khan sebagai petarung elite. Itu mungkin juga mengubah ambisi jangka panjangnya dalam olahraga. Kemenangan atas Canelo bisa membuat Khan menjadi ''pria'' di tinju. Tapi kekalahan bisa berarti dia tidak akan pernah mendapatkan pertarungan sebesar ini lagi. 

''Saya sangat beruntung,'' kata Khan. “Saya mendapatkan banyak cinta dari orang-orang di Amerika Serikat dan Inggris, baik Muslim maupun non-Muslim. Saya mendapatkan banyak cinta dari orang-orang yang ingin melihat saya sukses.” 

Di luar ring, Khan memimpin dengan memberi contoh, menjadikan kesuksesannya di dalamnya sebagai komoditas berharga yang lebih dari sekadar dolar dan pound. Dia ingin upaya amalnya terlihat sejelas mungkin, dan dia ingin kotak sabunnya memiliki jangkauan yang luas.

"Saya melakukan hal-hal baik di dunia selain tinju," kata Khan. ''Saya ingin anak-anak muda mengikuti jejak saya dan melakukan hal-hal positif. Orang-orang di seluruh dunia mengenal Amir Khan. Bukan hanya umat Islam. Saya pikir orang-orang mengikuti saya karena saya fokus pada hal-hal yang baik.” 

Tindakan kekerasan organisasi ekstremis seperti Negara Islam menginspirasi Khan untuk mengambil tempatnya sebagai duta besar agama tidak resmi untuk Islam, menyebarkan pesan toleransi dan inklusivitas. “Ini membuat saya kesal karena saya ingin orang tahu bahwa semua Muslim tidak jahat,” kata Khan. 

Khan percaya media meyakinkan publik untuk mengejek Muslim di Amerika karena tindakan teroris Islam radikal. ''Mereka bukan Muslim sejati,” kata Khan ketika merujuk pada teroris Islam. ''Saya pikir orang perlu mulai berpikir untuk diri mereka sendiri dan tidak terlalu mendengarkan media. Tidak ada agama yang menyuruhmu pergi membunuh orang. Tidak ada agama yang menyuruhmu untuk menyakiti orang. Saya tidak percaya agama mana pun akan mengajarkan siapa pun untuk menyakiti orang lain.”

Sementara itu, komunitas Muslim harus bergulat dengan komentar kontroversial dari calon presiden dari Partai Republik Donald Trump saat itu. Memberitahu negara itu, "Islam membenci kita," dan seruannya untuk melarang Muslim memasuki Amerika Serikat menciptakan badai reaksi yang dapat diprediksi terhadap pengusaha yang blak-blakan itu. 

Menanggapi pernyataan Trump, Khan menguraikan pandangannya sendiri tentang Muslim di Amerika Serikat. ''Sangat menjengkelkan ketika Anda mendengar seseorang mencalonkan diri sebagai presiden seperti Donald Trump, keluar dengan pernyataan seperti, ‘Muslim adalah orang jahat dan mereka tidak boleh diizinkan di Amerika.’ Kita hidup di dunia yang sangat keras,” kata Khan.

''Ada orang-orang yang kebetulan beragama Islam yang melakukan hal-hal yang merugikan. Tapi bagaimana dengan Muslim yang baik, seperti saya? Kami tinggal di Amerika. Kami bekerja di Amerika. Kami menghibur jutaan orang di seluruh dunia. Bagaimana bisa Donald Trump berbalik dan mengatakan saya tidak boleh diizinkan di negara ini? Saya menyatukan bangsa-bangsa. Mungkin Donald Trump harus bertarung. Ketika dia melihat bagaimana orang-orang Muslim, Pakistan, Inggris, Meksiko, dan Amerika berkumpul, dia akan kagum.”

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut