get app
inews
Aa Read Next : Front One Budget Hotel Bekasi Rayakan Hut ke-3, Penawaran Istimewa Disiapkan

Layanan Kelistrikan Andal, PLN Bekasi Perkuat Sinergi Bersama Pemkot Bekasi

Rabu, 29 Mei 2024 | 15:48 WIB
header img
PT PLN UP3 menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemkot Bekasi. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id-PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemkot Bekasi. Kesepakatan bersama ini meliputi Pemungutan dan Penyetoran Pajak Barang dan Jasa Tertentu Atas Tenaga Listrik (PBJT-TL) Pemkot Bekasi.

Penandatanganan kesepakatan bersama ini dilakukan antara Manager PLN UP3 Bekasi Donna Sinatra dengan Pj Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad di Kantor Pemkot Bekasi.

Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad mengatakan, tujuan PKS ini untuk meningkatkan pelayanan dan penyediaan ketenagalistrikan serta mengoptimalkan pelaksanaan penyelenggaraan PBJT-TL serta pengelolaan PJU di Kota Bekasi.

“Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat menjamin kelancaran penerimaan pendapatan asli daerah, meningkatkan kualitas layanan listrik, kebenaran data, dan dokumen penerimaan pajak barang dan jasa tertentu atas tenaga listrik yang mampu memberikan kontribusi positif untuk pembangunan infrastuktur dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Kota bekasi," kata Gani dalam siaran tertulis yang diterima bekasi.inews.id pada Rabu (29/5/2024).

Manger PLN UP3 Bekasi Donna Sinatra menuturkan, kesepakatan bersama tersebut merupakan addendum/perubahan dari kelanjutan MoU yang telah dilaksanakan bersama Wali Kota Bekasi tahun 2022 lalu. Pada prinsipnya PBJT-TL sesungguhnya bukan merupakan jenis pajak baru. 

Jenis pajak ini sebelumnya disebut dengan sebutan Pajak Penerangan Jalan (PPJ). Posisi PLN sesuai Undang-Undang sebagai wajib pungut (Wapu) yang memungut dan menyetor PPJ kepada Pemerintah Daerah.

"Dengan sinergi ini tercatat sepanjang tahun 2024, PLN UP3 Bekasi telah menyetorkan PBJT-TL sekitar Rp72 miliar yang merupakan kontribusi masyarakat karena telah membayar listrik tepat waktu. Hal ini memberikan dampak besar untuk kemajuan kota Bekasi," tuturnya.

Donna berharap sinergi yang telah terjalin antara Pemkot Bekasi dan PLN dapat terus dipertahankan sebagai bagian dari optimalisasi pelayanan. Ia pun menegaskan kesiapan PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kegiatan ini merupakan bukti sinergi antara Pemkot Bekasi dan PLN dalam mendukung pembangunan Kota Bekasi. PLN terus berperan aktif bersama Pemkot dalam kegiatan sosialisasi kemudahan pembayaran listrik tepat waktu dan pembelian token melalui aplikasi PLN Mobile. Terlebih lagi PLN memberikan undian berhadiah pada program Gelegar Maksi bagi masyarakat yang bertransaksi dengan PLN Mobile," ujarnya. 

Sementara itu, General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia menyampaikan apresiasi terhadap seluruh stakeholder yang telah mendukung upaya PLN untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

“Ke depan, kami berharap sinergi ini dapat terjalin lebih baik lagi. Dan tentunya, dengan dukungan seluruh stakeholder, PLN dapat terus melayani masyarakat JawaBarat dengan kualitas terbaik,” ucap Susiana.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut