get app
inews
Aa Read Next : Dua Kader Bakal Bertarung Penjaringan Bacawalkot di Bekasi, PDIP: Tak Ada Masalah

Survei LKPI: Tri Adhianto Ungguli Semua Calon Wali Kota Bekasi 2024

Rabu, 29 Mei 2024 | 18:57 WIB
header img
Calon Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. Foto/istimewa

BEKASi, iNewsBekasi.id- Tri Adhianto menjadi calon Wali Kota Bekasi paling populer dan layak memenangkan kontestasi Pilkada di Bumi Patriot pada tahun 2024 mendatang. Hal ini berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI).

 

Mantan Wali Kota Bekasi periode 2018-2024 ini berhasil mengungguli sejumlah tokoh lain, seperti Ade Puspitasari, Heri Koswara, Novel Saleh Hilabi, Sholihin Mochtar Mohamad dan Sigit Purnomo.

 

Direktur Eksekutif LKPI, Togu Lubis menyampaikan, berdasarkan uji preferensi publik terhadap 1.800 warga Kota Bekasi yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, didapatkan sejumlah nama dengan elektabilitas dan popularitas tertinggi.

 

Antara lain, mantan Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dengan nilai 88,2 persen, Ade Puspitasari sebesar 56,2 persen, Heri Koswara sebesar 54,2 persen, Sigit Purnomo alias Pasha Ungu sebesar 50,2 persen.

 

Selanjutnya Mochtar Mohamad sebesar 47,2 persen, Sholihin sebesar 30,2 persen dan Novel Saleh Hilabi sebesar 28,6 persen.

 

"Dalam penarikan sample yang diuji LKPI mengunakan metode multistage random sampling dengan mengunakan populasi DPT pemilu 2024 di Kota Bekasi, tersebar secara proposional di 56 kelurahan di kota Bekasi. Hasil survei ini memiliki Margin of Error 2,3 persen dengan Tingkat kepercayaan 95 persen," kata Togu Lubis dalam keterangan tertulis pada Rabu (29/5/2024).

 

Sementara itu, kata dia, dari tingkat akseptabilitas atau penerimaan publik terhadap nama-nama bakal calon Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto berada di urutan pertama dengan nilai 87,8 persen.

 

Kemudian Heri Koswara sebesar 51,7 persen, Ade Puspitasari sebesar 50,9 persen, Pasha Ungu sebesar 45,9 persen, Mochtar Mohamad sebesar 40,2 persen, Gus Sholihin sebesar 28,9 persen dan Novel Saleh Hilabi sebesar 26,4 persen.

 

Bersamaan dengan hal tersebut, pihaknya menguji tingkat preferensi warga Kota Bekasi terhadap pilihan warga Kota Bekasi untuk nama Wali Kota Bekasi, dilakukan simulasi dengan pertanyaan terbuka terhadap 1.800 warga Kota Bekasi.

 

Responden diajukan sejumlah pertanyaan, satu di antaranya jika pemilihan Wali Kota Bekasi digelar hari ini.

 

"Hasilnya Tri Adhianto menjadi pilihan yang paling tinggi dipilih dengan tingkat keterpilihan sebesar 27,1 persen, disusul oleh Heri Koswara 12,2 persen, Ade Puspitasari 10,3 persen," ungkap Togu.

 

"Kemudian Pasha Ungu sebesar 8,1 persen, Mochtar Mohamad sebesar 4,8 persen, sejumlah nama tokoh lainnya jika dijumlahkan 17,2 persen dan yang tidak menjawab sebanyak 20,3 persen," bebernya.

 

Hasil tidak berbeda juga didapatkan dengan pertanyaan yang sama namun dengan simulasi tertutup mengunakan kertas kuisioner.

 

Tri Adhianto memiliki tingkat keterpilihan sebesar 39,4 persen, Heri Koswara sebesar 20,2 persen, Ade Puspitasari sebesar 10,8 persen.

 

Selanjutnya Pasha Ungu sebesar 8,3 persen, Mochtar Mohamad sebesar 5,1 persen, Gus Sholihin sebesar 3,1 persen, Novel Saleh Hilabi sebesar 2,6 persen dan yang tidak memilih sebanyak 10,5 persen.

 

Sementara itu, hasil survei memetakan sejumlah harapan warga Bekasi terhadap Wali Kota Bekasi.

 

Antara lain sebanyak 78,8 persen berharap mampu menstabilkan harga sembako, sayur mayur dan kebutuhan dapur.

 

Sebanyak 89,3 persen terbukanya lebih banyak lapangan kerja dan sebanyak 87,6 persen berharap program pendidikan gratis.

Editor : M Hary Fauzan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut