get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat Disarankan Miliki Minimal 10% Portofolio Investasi Berupa Emas

Daewoong Pharmaceutical-IPB University Jalin Kerja Sama Penelitian Primata

Jum'at, 28 Juni 2024 | 09:56 WIB
header img
CEO Daewoong Pharmaceutical Seongsoo Park dan Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni Prof.Dr.Ir. Iskandar Zulkarnaen Siregar, M.For.Sc melakukan MoU sejumlah penelitian. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Daewoong Phramaceutical dan IPB University melakukan penandatangan Momorandum of Understanding (MoU) dalam penelitan primata. Penandatanganan MoU dilakukan CEO Daewoong Pharmaceutical Seongsoo Park dan Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni yaitu Prof.Dr.Ir. Iskandar Zulkarnaen Siregar, M.For.Sc pada 12 Juni 2024 lalu.  

Penandatanganan MoU tersebut antara lain terkait rencana penelitian kolaboratif, pendirian fasilitas kerja sama dengan Pusat Studi Satwa Primata IPB (PSSP) IPB, program pengembangan bakat; program pertukaran bakat dan pendidikan kolaboratif; dan program pengembangan lainnya, berdasarkan kepentingan bersama.  

Daewoong Pharmaceutical akan terus mengembangkan farmasi dan perangkat medis guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, melakukan pengembang obat baru, mengamankan daya saing pra-klinis dalam pengembangan obat baru dan meningkatkan pertumbuhan bersama dalam industri farmasi dan bioteknologi Indonesia.

Sebagai realisasi dari MoU tersebut, Daewoong Pharmaceutical berencana untuk melakukan kerja sama dengan PSSP IPB melalui kerja sama penelitian terkait uji pra-klinis dalam pengembangan senyawa obat-obatan baru, antara lain pada satwa primata (non-human primate). 

PSSP IPB merupakan salah satu pusat studi di IPB yang sudah mempunyai pengalaman selama lebih dari 30 tahun dalam melakukan manajemen penangkaran satwa primata dan melakukan penelitian di bidang biomedis, bioteknologi dan konservasi satwa primata.  

Fasilitas penelitian satwa primata PSSP di Kampus Lodaya (Research Animal Facility at Lodaya; RAFL-PSSP) telah memperoleh akreditasi penuh dari AAALAC (Association for Assessment and Accreditation of Laboratory Animal Care) sejak tahun 2006 sampai saat ini. 

AAALAC adalah organisasi nirlaba internasional yang menetapkan dan mengevaluasi standar untuk etika dan kesejahteraan percobaan yang menggunakan hewan penelitian. 

PSSP memiliki pengalaman luas dalam penelitian yang berhubungan dengan satwa primata dan bekerjasama dengan lembaga penelitian, universitas dan perusahaan swasta baik di dalam maupun di luar negeri, termasuk dengan Amerika Serikat dan Denmark.

Kerja sama penelitian antara Daewoong Pharmaceutical dan PSSP IPB akan meningkatkan keandalan uji-uji pra-klinis melalui penelitian pada satwa primata yang secara alami memiliki kemiripan dengan manusia ditinjau dari segi fisiologis, anatomis, dan genetic sehingga dapat dijadikan model hewan penelitian. 

Pendekatan ini memastikan daya saing pada tahap uji pra-klinis dengan menilai toksisitas dan efektivitas kandidat obat sebelum diberikan kepada manusia.

Pada 20 Juni 2024, Daewoong Pharmaceutical (CEO Seongsoo Park dan Chang-jae Lee) mengumumkan bahwa telah dilakukan MoU dengan IPB antara lain melalui kerja sama penelitian bersama dengan Pusat Studi Satwa Primata IPB. 

Area kerja sama mencakup rencana pendirian fasilitas penelitian uji pra klinis bersama di IPB untuk mendukung komersialisasi farmasi dan perangkat medis melalui penelitian pada satwa primata.  

Selain itu, Daewoong pharmaceutical juga tertarik untuk bekerja sama dengan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB yang merupakan fakultas kedoteran hewan terbaik di Indonesia melalui program dan dukungan untuk pertumbuhan bakat kedokteran hewan yang unggul serta pengembangan bakat dan pendidikan kolaboratif.

Wakil Rektor IPB, Iskandar mengatakan, IPB yang terus berkembang melalui berbagai kolaborasi penelitian internasional, memiliki kemampuan penelitian primata terbaik di Indonesia. 

"Kami berharap dapat mencapai nilai yang lebih besar dengan bersama-sama mendirikan institut penelitian dengan Daewoong Pharmaceutical, yang juga akan mempromosikan pertumbuhan bakat," ujarnya dalam siaran tertulis yang diterima bekasi.inews.id pada Jumat (28/6/2024)

CEO Daewoong Pharmaceutical Seongsoo Park mengaku sangat senang menandatangani perjanjian bisnis dengan IPB, yang mewakili Indonesia. Daewoong Pharmaceutical telah berkomitmen untuk berperan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. 

"Kami akan bekerja untuk memperkuat hubungan kerjasama ini di masa depan guna mencapai pengembangan obat baru oleh Daewoong Pharmaceutical dan pertumbuhan industri farmasi dan bioteknologi Indonesia bersama-sama," ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut