get app
inews
Aa Read Next : Perusahan Alkes asal Moskow Rusia Ramaikan HOSPITAL EXPO 2023

Ukraina dan Rusia Akhirnya Mulai Negosiasi Gencatan Senjata di Perbatasan Belarusia

Senin, 28 Februari 2022 | 20:37 WIB
header img
Ukraina dan Rusia memulai negosiasi gencatan senjata di perbatasan Belarusia (Foto: AP)

KIEV, iNews.id - Ukraina dan Rusia akhirnya memulai negosiasi gencatan senjata pada Senin (28/2/2022). Kedua pihak menyepakati pertemuan digelar di perbatasan Belarusia.

Kantor presiden Ukraina menyatakan, tujuan utama dari negosiasi adalah mencapai gencatan senjata segera serta penarikan pasukan Rusia. Namun Kremlin menolak untuk mengomentari tujuan negosiasi tersebut.

Belum bisa diperkirakan apakah negosiasi ini akan membuahkan hasil, mengingat pertempuran di penjuru Ukraina masih terjadi bahkan semakin sengit.  

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, pasukannya merebut dua kota kecil yakni Berdyansk dan Enerhodar di tenggara Zaporizhzhya, Ukraina. Bahkan kementerian mengklaim telah merebut pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhya. Namun Ukraina membantah PLTN jatuh ke tangan Rusia seraya menegaskan fasilitas tetap beroperasi nomal.

Selain itu pada Senin pagi ledakan terdengar di Kiev dan Kota Kharkiv. Ukraina lagi-lagi membantah klaim bahwa kota-kota utama telah jatuh ke tangan Rusia. 

Pejabat wilayah Donetsk Pavlo Kyrylenko mengatakan, pertempuran sengit juga terjadi di sekitar Kota Mariupol sejak Minggu malam. Namun dia tidak mengatakan apakah pasukan Rusia bisa mempertahankan atau justru kehilangan daerah sejak dikuasai kemarin.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut