get app
inews
Aa Read Next : PLN Bekasi Sukses Energize Listrik Pakuwon Mall Pekayon Sebesar 6.930 kVA

Tak Jauh dari Bekasi, Ini Mal Pertama di Indonesia

Senin, 26 Agustus 2024 | 09:30 WIB
header img
Sarinah merupakan mal pertama yang ada di Indonesia. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Pusat perbelanjaan atau mal merupakan salah satu tempat menarik untuk disinggahi. Di Indonesia mungkin saat ini berdiri ribuan mal di setiap sudut kota. 

Mal kini menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat. Perputaran uang di mal pun sangat besar.  Namun, tahu kah kamu apa mal pertama yang berdiri di Indonesia? 

Sarinah menjadi mal pertama di Indonesia. Mal perusahaan pelat merah ini berdiri pada 15 Agustus 1966. Mal yang terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat ini digagas oleh Presiden Soekarno.

Melansir laman resmi Sarinah, Presiden Soekarno menginginkan Sarinah harus menjadi pusat perdagangan dan promosi barang-barang produksi dalam negeri, terutama hasil pertanian dan perindustrian rakyat.

Menariknya, Sarinah berasal dari nama salah satu pengasuh Presiden Soekarno di masa kecil. Ia memiliki kesan mendalam akan sosok Sarinah yang memiliki kebesaran jiwa dalam mengasuhnya.

Bercermin dari sosok itu, Presiden Soekarno bertekad menjalankan misi sebagai mitra terpercaya bagi usaha kecil, sekaligus duta bagi kekayaan budaya Indonesia di dunia internasional melalui produknya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut