get app
inews
Aa Read Next : Orang Tua Calon Taruna STIP 2024 Tolak Moratorium Kemenhub

Dirjen Hubla Lantik Pengurus DPP ASDEKI 2023-2028, Ini Pesannya!

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 16:05 WIB
header img
Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan, Capt Antoni Arif Priadi, melantik jajaran Pengurus DPP Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI). Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan, Capt Antoni Arif Priadi, melantik jajaran Pengurus DPP Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) masa bakti 2023-2028. 

Dalam sambutannya, Dirjen Hubla mengatakan, bahwa ASDEKI selama ini telah berperan sebagai sebagai mitra pemerintah untuk mendukung kelancaran arus barang dan logistik.

Menurut Antoni Arif depo peti kemas merupakan salah satu jasa terkait, sedangkan layanan logistik itu bersifat door to door dan didalamnya ada bagian transportasi. 

“Jadi kadang saya juga kesel kalau harga logistik mahal kok yang disalahkan dan dikejar-kejar itu pejabatnya di pelabuhan atau KSOP-nya. Emangnya KSOP yang punya gudang atau transportasinya? Semua itu bapak dan ibu sebagai pelaku usaha yang berkegiatan logistik, kan?,” ujar Arif, di Jakarta pada Kamis (29/8/2024).

Dirjen hubla juga menekankan soal pentingnya digitalisasi dan integrasi sistem informasi antara pelaku usaha logistik dengan Kemenhub. “Digitalisiasi di depo kontainer juga penting, apalagi kita juga sekarang fokus menjalankan program national logistic ecosystem/NLE,” ujar Antoni Arif menambahkan.

Dirjen hubla Kemenhub juga menyampaikan ucapan selamat kepada Mustofa Kamal Hamka yang baru saja dilantik sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat ASDEKI periode 2023-2028. 

“Semoga dibawah kepemimpinan Ketua DPP ASDEKI yang baru dapat membawa kemajuan bagi Asosiasi Depo Kontainer Indonesia sebagai wadah yang mampu menampung aspirasi pengusaha perusahaan depo peti kemas sebagai mitra kemitraan perhubungan untuk mewujudkan kelancaran dan efisiensi rangkaian proses kelancaran logistik,” ucap Arif.

Sebagaimana kita ketahui bersama lanjut Antoni Arif, ASDEKI memiliki peran penting dalam mendorong soliditas pengusaha depo kontainer. ASDEKI juga berperan dalam menjembatani kepentingan antara pemerintah dengan perusahaan depo kontainer guna mengembangkan platform sistem depo kontainer yang tepat.

“Hal ini bertujuan untuk mencapai keseragaman prosedur dan kualitas, baik dalam hal SDM maupun dalam standar pelayanan depo kontainer, maka dari itu ASDEKI diharapkan dapat mendorong sinergisitas sesama pengusaha depo kontainer guna menghadapi tantangan, terutama persaingan global,” tutur Antoni Arif.

Antoni Arif mengungkapkan tantangan dalam bidang logistik semakin beragam seiring dengan perkembangan teknologi dan dinamika pasar global yang terus berubah. 

Oleh karena itu, imbuhnya, dengan dilantiknya Ketua Umum beserta Dewan Pengurus Pusat yang baru, ASDEKI diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencapai tujuan bersama dalam menghadapi berbagai tantangan di industri logistik serta berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan.

Acara pelantikan Pengurus DPP ASDEKI itu juga dihadiri Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Priok Takwin Masuku, Ketua Umum DPP Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Juswandi Kristanto dan Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan.

Pelantikan juga turut dihadiri Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi serta sejumlah asosiasi pelaku usaha lainnya (ISAA, INSA dan Klub Logindo) serta Perwakilan dari PT Pelindo dan terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut