get app
inews
Aa Read Next : Orang Tua Calon Taruna STIP 2024 Tolak Moratorium Kemenhub

Dirjen Hubla Lantik Pengurus DPP ASDEKI 2023-2028, Ini Pesannya!

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 16:05 WIB
header img
Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan, Capt Antoni Arif Priadi, melantik jajaran Pengurus DPP Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI). Foto: Ist

Dalam sambutannya, Ketua Umum ASDEKI Mustofa Kamal Hamka mengemukakan ASDEKI selama ini berperan sebagai urat nadi dalam mendukung kelancaran arus logistik nasional maupun global.

“Kami berkomitman mendukung perekonomian nasional, kelancaran supply chain nasional dan global untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” ujar Kamal. 

Ketum ASDEKI menjelaskan, peran depo kontainer di Indonesia sangat strategis menopang kelancaran arus barang dan mendukung program pemerintah dalam akselerasi mengefisiensikan layanan logistik dan implementasi national logistic ecosystem (NLE).

Depo kontainer, imbuhnya, merupakan salah satu mata rantai dalam rantai pasok yang sangat penting keberadaannya guna melengkapi rangkaian proses pasokan dari produsen sampai kepada konsumen. 

Sesuai dengan Permenhub No. PM 83 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Depo Peti Kemas menyebutkan bahwa depo peti kemas berfungsi untuk kegiatan penyimpanan, penumpukan, pembersihan/pencucian, perawatan, perbaikan peti kemas, pemuatan (stuffing), pembongkaran (stripping) serta kegiatan lain yang mendukung kelancaran penanganan peti kemas isi (full) dan/atau peti kemas kosong (empty).

Perusahaan depo kontainer memberikan jasa penyimpanan kontainer dengan proses perawatan/perbaikan terhadap kontainer tersebut. "Berdasarkan beleid itu, depo kontainer harus memenuhi persyaratan dari Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI), pemerintah, dan pemilik kontainer.

“Depo kontainer memainkan peran vital sebagai pilar perdagangan, mendukung kelancaran ekspor impor dan meningkatkan efisiensi rantai pasok global, peran ini juga mencakup pengelolaan cold strorage untuk menjaga kualitas produk perdagangan internasional”, ujarnya.

Kamal berharap, ASDEKI dapat memberikan revolusi dengan beradaptasi pada perkembangan teknologi dan kemajuan sistem perdagangan internasional yang terintegrasi.

Sebab, ujarnya, depo kontainer bukan hanya sebagai fasilitas untuk penyimpanan, perawatan, dan perbaikan kontainer kosong, melainkan untuk memperlancar dan mengefisiensikan rantai pasok mencakup kelancaran proses bongkar muat, kelancaran arus barang di pelabuhan.

“Selain itu untuk memudahkan dan memperlancar kegiatan ekspor-impor juga berperan sebagai memperlancar flow atau arus lalu lintas dalam menanggulangi kemacetan,” ujar Kamal sambil menyampaikan terimakasih kepada semua yang hadir pada kesempatan tersebut.

Sebagai informasi, Mustofa Kamal Hamka terpilih sebagai Ketua Umum DPP Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) periode 2023-2028 melalui Keputusan Tim Formatur dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke IV tahun 2023, yang dilaksanakan di DI Yogyakarta pada Jumat malam (10/11/2023).

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut