Cara Cek Penerima BLT Anak Sekolah 2021 Rp 4,4 Juta di cekbansos.kemensos.go.id

Iman Ridhwan Syah
.
Sabtu, 07 Agustus 2021 | 13:44 WIB
Grafis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Anak Sekolah. (Foto: iNews/Advenia Elisabeth)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) anak sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA dengan total sebesar Rp 4,4 juta melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

Total besaran bantuan PKH berupa BLT anak sekolah 2021 yang bakal diterima dalam satu keluarga adalah Rp 4,4 juta.

Angka tersebut adalah akumulasi dari BLT untuk tingkat SD sebesar Rp 900 ribu per tahun, SMP sebesar Rp 1,5 juta per tahun, dan SMA sebesar Rp 2 juta per tahun.

Diketahui Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah menyalurkan BLT Anak Sekolah SD, SMP, dan SMA sejak pertengahan Juli 2021, bersamaan dengan pencairan bansos PKH kriteria lainnya.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan BLT Anak Sekolah Rp 4,4 juta melalui program PKH, yaitu sebagai berikut:

1. Pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA wajib mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP).

2. Pelajar sudah terdaftar di lembaga pendidikan formal dan non-formal.

3. Pelajar telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

4. Apabila tidak mempunyai KIP, bisa mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke Lembaga Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten setempat.

5. Selanjutnya, bagi yang tidak mempunyai KKS, para orang tua bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke RT/RW atau kelurahan/desa setempat.

Wajib diingat, masyarakat yang ingin mendapatkan BLT Anak Sekolah melalui program bansos PKH harus terdaftar sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI.

Jika telah terdaftar sebagai KPM di DTKS Kemensos, masyarakat bisa mengecek secara online termasuk sebagai penerima BLT anak sekolah atau tidak melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cek penerima BLT anak sekolah di cekbansos.kemensos.go.id:

1. Buka situs cekbansos.kemensos.go.id lewat browser di HP.

2. Pada kolom "Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)" pilih provinsi, kabupaten, kecamatan dan kelurahan/desa.

3. Masukkan nama lengkap sesuai e-KTP.

4. Masukkan 4 kode huruf verifikasi yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode tidak jelas, klik ikon sebelah kanan untuk mendapatkan kode baru.

5. Kemudian klik tombol "Cari Data".

Setelah selesai, sistem bakal mencocokan nama KPM sesuai wilayah yang dimasukkan. Selanjutnya, membandingkan dengan nama yang ada di dalam database Kemensos.

Jika nama Anda muncul dengan background warna hijau, artinya berhak mendapatkan BLT anak sekolah Rp 4,4 juta dari pemerintah.

Pencairan BLT anak sekolah dapat dilakukan melalui Bank BUMN yang ditunjuk pemerintah sebagai penyalur, yaitu Bank BRI, BNI, Mandiri, dan BTN dengan membawa KTP/KK serta kode verifikasi yang didapat pas cek di cekbansos.kemensos.go.id.

Editor : Iman Ridhwan Syah
Bagikan Artikel Ini