get app
inews
Aa
Read Next : Jadwal Operasional LRT Jabodebek Selama Libur Lebaran 2024 Beserta Tarif, Cek di Sini

Hari Ini! KAI Commuter Line Kembali Pasang Tanda Jaga Jarak, Kapasitas KRL Dibatasi 60 Persen

Senin, 14 Maret 2022 | 09:34 WIB
header img
Penumpang KRL di Jakarta. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - PT KAI Commuter dikabarkan kembali memasang tanda larangan atau pembatas jaga jarak di tempat duduk kereta rel listrik (KRL). Kapasitas penumpang dibatasi hanya 60 persen. VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menegaskan untuk para pengguna KRL untuk disiplin protokol kesehatan dengan berlakunya sejumlah penyesuaian aturan di KRL.

"Salah satu sosialisasi yang dilakukan adalah mengenai kapasitas pengguna. Dengan kapasitas pengguna yang menurut aturan terbaru adalah maksimum 60%, jumlah pengguna tetap dibatasi," kata Anne Purba dalam keterangannya, Senin (14/3/2022).

KRL Commuter kini dipasangi tanda jaga jarak pada bagian tempat duduk, jendela, maupun lantai kereta. Dia mengimbau agar pengguna duduk maupun berdiri sesuai tanda dan tetap menjaga jarak aman.

"KAI Commuter mengajak pengguna mengikuti stiker sosialisasi ini dan tidak memaksa masuk ke dalam kereta yang telah terisi sesuai kapasitas yang diizinkan, ditandai dengan pengguna seluruhnya sudah berdiri dan duduk sesuai marka," imbuhnya.

Kemudian, Anne juga menjelaskan sebagai upaya menjaga jarak terdapat penyekatan pengguna di setiap stasiun agar kapasitas tidak terisi 100 persen. Hal itu juga diterapkan pada saat jam sibuk.

"Upaya menjaga jarak aman yang selama ini telah dilakukan melalui antrean penyekatan pengguna di stasiun juga masih berjalan. Guna menjaga kapasitas kereta di jam-jam sibuk, petugas akan mengatur pengguna untuk masuk ke kereta. Agar terhindar dari kepadatan dan antrean saat jam sibuk, pengguna dapat merencanakan perjalanannya menggunakan aplikasi KRL Access. Pada aplikasi tersebut, pengguna bisa mengakses informasi kepadatan di stasiun dan posisi KRL secara real time," ucapnya.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut