get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Pemkab Bekasi Angkut Puluhan Ton Sampah yang Menumpuk di Kali Busa

Jum'at, 10 September 2021 | 19:18 WIB
header img
Petugas mengangkut sampah dari Kali Busa Bekasi (Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya)

BEKASI, iNews.id - Saat ini pemerintah Kabupaten Bekasi lewat UPTD Pengelolaan Sampah Unit 2 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membersihkan aliran Kali Busa yang berada di Desa Satria Mekar, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jumat (10/9/2021).

Sampah menumpuk dan menyumbat aliran Kali Busa sepanjang 200 meter diangkut petugas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPT) Pengelolaan Sampah Unit 2 DInas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi.

Puluhan petugas dari UPTD Pengelolaan Sampah Unit 2 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi dan satu unit eskavator dikerahkan mengangkut sampah yang terhampar di bawah jembatan.

Jumlah sampah itu diperkirakan mencapai puluhan kubik, di mana berdampak pada penyumbatan arus aliran Kali Busa.

Alhasil, aliran Kali Busa tak berfungsi lagi guna mengairi persawahan para petani.

Camat Tambun Utara, Najmuddin mengatakan akan membersihkan semua kali hari ini dan diperkirakan memakan waktu hingga tiga hari

"Hari ini kita akan membersihkan semua kali. ya kira-kira memakan waktu 3 hari. Dengan kubikasi sekitar 50 kubik," ucap Najmuddin di lokasi, Jumat (10/9/2021).

Selanjutnya, Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Unit 2 Sumardi mengungkapkan, keterbatasan alat berat yang dimiliki Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air yang sekarang difokuskan untuk normalisasi kali Cikarang menjadi kendala penyediaan alat berat mengangkut sampah di Kali Busa.

"Untuk alat berat dari Dinas sedang difokuskan untuk digunakan normalisasi kali Cikarang Sepanjang 40 km, jadi agak kesulitan kita untuk penyediaan alat beratnya," ungkapnya.

Selain itu, Sumardi mengatakan tumpukan sampah itu didominasi sampah plastik.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut