get app
inews
Aa Read Next : Lapas Cikarang Bagikan 300 Takjil-Menu Buka Puasa untuk Pengguna Jalan

WCD!, Warga Ciksel Sangat Antusias Untuk Ciptakan Lingkungan Sehat, Bersih, dan Nyaman

Rabu, 15 September 2021 | 23:04 WIB
header img
WCD!, Warga Ciksel Sangat Antusias Untuk Ciptakan Lingkungan Sehat, Bersih, dan Nyaman (Foto: Jabarekspres/Hayatullah).

CIKARANG, iNews.id - Pemerintah Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi bersukaria melaksanakan kegiatan Hari Bersih-Bersih se-Dunia (World Cleanup Day) di tahun 2021. 

WCD merupakan aksi sosial global tahunan mulai tanggal 12-18 September, dimana mengajak masyarakat untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan.

Camat Cibarusah, Muhamad Kurnaefi mengatakan, kegiatan WCD di wilayah Kecamatan Cibarusah bersama Liaison officer (LO) Dinas Perdagangan, UPTD Kebersihan wilayah VI, Desa Wibawa Mulya dan Desa Sindang Mulya melakukan kegiatan, yaitu membersihkan kali irigasi cigutul yang banyak sampahnya.

"Alhamdulilah hari ini kita bersihkan bekerjasama dengan rekan-rekan dan hari ini juga bersamaan di lima desa lainnya juga melaksanakan kegiatan yang sama," ungkap Kurnaefi kepada Cikarang Ekspres, Rabu (15/9/2021).

Dalam kegitan tersebut, Kunaefi juga menyampaikan kepada para kepala desa untuk memberikan sosialisasi kepada warganya untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

Menurutnya, apabila ada sedikit saja Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ilegal untuk langsung di bersihkan sebagaimana ditulis pada laman Jabarekspres.

"Karena kalau kalau dibiarkan itu akan menjadi kebiasaan, itu aga susah untuk membersihkannya. Jadi sedini mungkin ketika ada pembuangan sampah ilegal segera untuk ditindaklanjuti," jelasnya.

Dia berharap, dengan kegiatan tersebut akan menjadi contoh bagi warga masyarakat bahwa kita harus peduli terhadap kegiatan atau kebersihan yang diawali di lingkungan terendah, seperti di tingkat RT/RW untuk bisa terus melakukan kegiatan ini.

"Inikan hanya untuk memotivasi saja bahwa kita harus cinta pada lingkungan," tandasnya.

Dia mengakui, sebelum adanya WCD ini, Pemerintah Kecamatan Cibarusah dan Pemerintah Desa rutin melaksanakan Program Jumat Bersih (Jumsih) atau ada hari-hari tertentu mereka sering melakukan kegiatan kerja bakti bersama.

Pada lokasi yang sama, Sekretaris Dinas Perdagangan, Andi mengatakan, Instruksi dari Bupati terkait dengan Dunia (World Cleanup Day) tahun 2021. 

Pada hari ini kita turut memeriahkan dan melaksanakan WCD di Kecamatan Cibarusah.

"Alhamdulilah semua kita laksanakan dengan baik dan lancar. Semoga masyarakat yang ada di sekitar sini dapat mengikuti gerakan kita semua," tandasnya.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut