get app
inews
Aa Read Next : Selama Lebaran 2022, Produksi Sampah di Kota Bekasi Meningkat 10 Persen

5 Cara Membuat Ketupat Lebaran Lembut dan Lezat, Nomor 4 Bikin Tak Cepat Basi

Minggu, 01 Mei 2022 | 17:43 WIB
header img
Cara membuat ketupat lebaran lembut. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa hari lagi, umat Islam bakal merayakan hari raya Idul Fitri 2022. Kegiatan kumpul keluarga pun tak lengkap jika tanpa ketupat lebaran lembut,

Makanan yang identik disajikan saat lebaran ini terkadang terasa keras jika tidak dimasak dengan benar. Ada beberapa cara membuat ketupat lebaran empuk.

Penasaran bagaimana cara membuat ketupat lebaran lembut dan enak?

Dilansir dari beberapa sumber, Simak ulasannya dibawah ini.

1. Takaran beras yang tepat

Langkah yang pertama pilihlah beras dengan kualitas baik. Ketika memasak beras pulen isi lah selongsong ketupat dengan takaran 2/3. Namun, jika menggunakan beras jenis lain, masukkan 1/3 saja. Nah, sebelum memasak beras, sebaiknya  diawali dengan direndam dalam air selama 30 menit.

2. Gunakan panci besar, bukan presto

Saat memasak ketupat gunakan lah panci besar. menggunakan panci besar dapat membuat ketupat lebih empuk dan lezat daripada ketupat yang dimasak dengan panci presto.

Sedangkan, jika memasak menggunakan panci presto akan mempercepat masaknya ketupat, tetapi ketupat yang dihasilkan akan berbeda dengan ketupat menggunakan panci besar.

3. Masak ketupat

Untuk memasak ketupat isi kulit ketupat dengan beras dengan takaran 2/3 bagian kulit. Lalu susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar. Selanjutnya, tuangkan air panas sampai seluruh air merendam ketupat, kemudian masak selama 2-3 jam sampai ketupat padat.

Ketika air berkurang bisa tambahkan air panas secukupnya. Selain teknik merebus memasak ketupat bisa membuat ketupat super cepat dengan panci bertekanan (pressure cooker). Dengan cara ini memungkinkan ketupat matang dalam waktu 30 menit saja.

4. Tambahkan air kapur sirih pada beras

Air kapur sirih bisa membuat ketupat terasa empuk. Saat memasak ketupat gunakan air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebagai cara membuat ketupat agar lebih empuk dan awet.

Ternyata air kapur sirih memiliki manfaat untuk membuat ketupat tidak cepat basi. Tambahkan air kapur sirih ke dalam beras sebelum dimasukkan ke dalam selongsong ketupat, aduk-aduk hingga rata.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut