Logo Network
Network

Menhub Himbau Masyarakat Untuk Meningkatkan Minat Berjalan Kaki

FAZ
.
Rabu, 22 September 2021 | 07:58 WIB
Menhub Himbau Masyarakat Untuk Meningkatkan Minat Berjalan Kaki
International Webinar "Indonesia Youth Road Safety Warriors" (Foto: Mnctrijaya/FAZ).

Jakarta, iNews.id - Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa keselamatan transportasi jalan di Indonesia merupakan hal yang menjadi perhatian besar dari pemerintah Indonesia.  ​

Budi mengatakan, bahwa palam peningkatan keselamatan di jalan selalu berbanding lurus dengan ketersediaan angkutan publik serta sistem transportasi yang baik.

Budi menambahkan, saat ini Kementerian Perhubungan tidak hanya fokus dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan transportasi tetapi juga mendorong masyarakat untuk melakukan mobilitas dengan berjalan kaki.

"Melalui kesempatan kali ini, saya pun mendorong masyarakat untuk meningkatkan minat pejalan kaki, karena berdasarkan kajian pejalan kaki punya kesempatan yang lebih besar untuk selamat," ucap Budi dalam International Webinar "Indonesia Youth Road Safety Warriors" Selasa, (21/09/2021).

Dalam pidato pembukaannya, Budi juga mengatakan bahwa anak muda Indonesia sangat berperan dalam memajukan Indonesia terutama dalam keselamatan dan penggunaan transportasi, serta memaparkan bahwa usia 15-29 tahun menjadi usia yang paling rentan menjadi korban meninggal terutama akibat kecelakaan lalu lintas.

"Kecelakaan ini didominasi oleh pengguna sepeda motor yang menjadi moda favorit pada usia tersebut. Maka terapkan 4A yaitu Alerts, Awareness, Attitude, Anticipation. Dan juga hindari penyebab kecelakaan lalu lintas seperti melanggar aturan, emosi, kurang konsentrasi, antisipasi rendah, ngantuk, ngebut dan menyepelekan pengguna yang lain," himbau Budi.

Dia juga memberikan pesannya kepada anak muda agar bisa menjadi teladan, berperilaku baik di jalan serta aktif menyebarkan seluruh informasi yang positif dengan memanfaatkan sosial media.

"Saya harap negara Indonesia bisa dikenal dengan negara yang tertib dan berempati di jalan," ucap Budi sekaligus menutup pidatonya

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.