get app
inews
Aa Read Next : Cukur Vietnam 3-0, Timnas Indonesia Jaga Peluang ke Piala Dunia

Donasi dari Tiongkok, 2 Juta Dosis Vaksin Sinovac Kembali Mendarat di Indonesia

Jum'at, 24 September 2021 | 15:46 WIB
header img
Kedatangan vaksin Sinovac di Indonesia (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia kembali menerima kedatangan dua tahap vaksin Sinovac. Tibanya vaksin tahap 78 dengan total 1 juta dosis vaksin yaitu donasi dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), sedangkan tahap 79 yakni 1 juta dosis vaksin donasi dari Sinovac.

Sehingga, dengan tibanya 2 juta vaksin kali ini, total yang telah hadir di Indonesia dalam bentuk bahan baku (bulk) dan jadi adalah 273.699.790 juta dosis.

Menyambut donasi vaksin yang diterima Pemerintah Indonesia, Menteri Luar Negeri, Retno L.P Marsudi menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah RRT, perusahaan Sinovac dan Red Cross Society China guna mendukung ketersediaan vaksin di Tanah Air.

Retno menuturkan, berkat support dan peran ikut serta dari banyak pihak, termasuk bantuan vaksin dari sejumlah negara, Indonesia saat ini termasuk salah satu negara dengan tingkat capaian vaksinasi Covid-19 tertinggi di dunia.

"Namun masih dibutuhkan upaya keras dan peran serta masyarakat untuk memenuhi target 208 juta penduduk Indonesia tervaksinasi. Bersamaan dengan itu, disiplin protokol kesehatan juga perlu terus dijaga dan ditingkatkan, agar tingkat penularan tidak kembali naik," ujar Retno dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (24/9/2021).

Sementara itu, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan, donasi vaksin tersebut adalah bentuk support Pemerintah RRT untuk Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-19, menyusul bantuan 120 ventilator, 400 oksigen generator, dan peralatan kesehatan lainnya pada Agustus lalu.

"Di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo serta kerja sama seluruh bangsa Indonesia, RRT percaya Indonesia akan segera dapat mengalahkan pandemi dan memulihkan perekonomian," ujar Dubes Xiao Qian.

Sejak pandemi bermula, Indonesia dan RRT sudah melakukan berbagai kerja sama penanggulangan Covid-19, terutama soal penyediaan vaksin.

Sampai saat ini, Sinopharm dan Sinovac sudah mengekspor 215 juta dosis vaksin Covid-19 ke Indonesia.

Dia menuturkan, RRT juga aktif mendukung Indonesia dalam pembangunan Regional Vaccine Manufacture Hub (pusat pembuatan vaksin regional).

Selain itu, dia juga menyakini dalam waktu dekat Indonesia tidak cuma bakal bisa memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri, tetapi juga mengekspor vaksin ke negara-negara tetangga.

Dubes RRT itu megegaskan, pihaknya bakal terus mendukung Indonesia dalam menanggulangi pandemi. Sebagai tambahan dari 1 juta dosis vaksin yang sudah tiba, RRT juga bakal kembali mendonasikan 1 juta dosis vaksin kepada Pemerintah Indonesia.

Editor : Iman Ridhwan Syah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut