Logo Network
Network

SRITA dan Milenial Cinta Budaya Ajak Kaum Muda Mengeksplor Kebudayaan Indonesia 

Tim iNews.id
.
Kamis, 30 September 2021 | 08:28 WIB
SRITA dan Milenial Cinta Budaya Ajak Kaum Muda Mengeksplor Kebudayaan Indonesia 
Srikandi Masyarakat Adat Nusantara (SRITA) dan Milenial Cinta Budaya (MCB) akan terus memperkenalkan Kebudayaan Indonesia khususnya ke kalangan Milenial. (Foto:Ist)

JAKARTA,iNews.id - Berbagai bentuk budaya daerah merupakan akar dari budaya nasional. Jika budaya daerah berkembang, maka budaya nasional juga turut berkembang. Keragaman tersebut mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. 

Kebudayaan adalah kekayaan Indonesia akan tetapi ditengah-tengah  era globalisasi, dimana peradaban dunia yang semakin ketat, menjadikan budaya terabaikan bahkan terlupakan yang dikuatirkan bisa punah.

Menyikapi hal itu Srikandi Masyarakat Adat Nusantara (SRITA)  dan Milenial Cinta Budaya (MCB) akan terus memperkenalkan Kebudayaan Indonesia khususnya ke kalangan Milenial. 

Ketua Umum  DPP SRITA, Trisya Suherman mengatakan, kebudayaan Indonesia sangat menarik, karena Indonesia negara kepulauan yang sangat luas. Dengan banyaknya pulau, membuat  banyak suku bangsa yang ada di Indonesia yang memiliki masing masing budayanya, pakaian adat, bahasa, kuliner yang memiliki ciri khas keragaman adat dan budaya masing masing daerah

Meski berbeda suku dan budayanya, warga Indonesia mampu membawa perbedaan itu menjadi kekuatan bangsa.

Dan sebagai upaya mengenal berbagai budaya di Indonesia, Srikandi Masyarakat Adat Nusantara  (SRITA)  dan Milenial Cinta Budaya (MCB) melalukan jalan jalan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Selasa (21/9/2021). 

"Untuk mengekplor kebudayaan indonesia supaya milenial lebih mengenal dan bisa mencintai kebudayaan adat kraton nusantara indonesia diselenggarakan lah Kegiatan Jalan jalan ke TMI Karena Indonesia itu kaya dengan kebudayaannya, sehingga patut diketahui untuk dilestarikan," kata  Trisya Suherman bergelar Kangjeng Raden Ayu Sekar Kirana.

Pilihan ke TMII karena  destinasi wisata berbasis kebudayaan  yang diakui Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

"Kami sangat bangga dan terpesona dengan ide Bu Tien Soeharto yang menciptakan TMII, harapan saya semoga pemerintah bisa fokus untuk 
pengembangan dan merenovasi bangunan-bangunan  dan fasum agar lebih bisa menarik wisatawan.

"Warisan budaya itu semua adalah cerminan, bahwa leluhur kita bangsa Indonesia memiliki kecerdasan yang luar biasa dalam menciptakan karya budaya beserta simbol-simbol filosofinya. Saya yakin, bahwa ini semua untuk diwariskan kepada anak cucunya. Maka tak seharusnya kita lalai dengan peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut, budayanya  yang mengandung muatan-muatan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia tersimpan di setiap karya-karya itu," jelas Trisya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini