get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Alquran dan Sains Ungkap Bulan Pernah Panas dan Bercahaya seperti Matahari

Ini Deretan Makhluk Mitologi yang Berasal dari Alquran, Nomor Terakhir Penjaga Dajjal

Sabtu, 28 Mei 2022 | 15:03 WIB
header img
6 makhluk mitologi yang berasal dari Alquran (Foto: Wallpaperflare)

JAKARTA, iNews.id - Seperti yang kita ketahui, mitos adalah sesuatu yang tak nyara dan belum pasti keberadaannya. Umumnya mitos diceritakan orang-orang terdahulu yang menjelaskan terkait suatu fenomena atau hal yang menakutkan.

Kisah itu pun biasanya diwarisi secara turun temurun. Dalam ajaran Islam, mitos juga ada. Beberapa mitos ajaran Islam dalam bentuk makhluk mitologi. Biasanya makhluk mitologi ini punya bentuk yang tidak biasa.

Meski belum jelas keberadaannya, tetapi umat Islam harus percaya. Sebab makhluk tersebut berasal dari Alquran dan hadis.

Apa saja makhluk mitologi yang berasal dari Alquran? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Okezone via kanal YouTube Islam Populer.

1. Burak

Makhluk mitologi yang pertama adalah Burak. Bagi Anda yang belajar tentang sejarah Islam pasti tidak asing dengan hewan satu ini. Dalam sejarahnya, Burak merupakan hewan yang membawa Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al Aqsa menuju Mi’raj dalam peristiwa Isra Mi’raj.

Burak memiliki arti cahaya atau kilat. Seperti namanya, hewan berbentuk kuda ini memiliki sayap. Salah satu hal yang menakjubkan adalah hewan ini dikenal dengan kecepatannya yang seperti kilat. Kecepatanya bahkan tidak bisa dijangkau oleh akal hingga Burak merupakan salah satu tanda kebesaran Allah SWT.

Kisah burak ini, dituliskan juga dalam Alquran Surah Al-Baqarah: 20, yang berbunyi:

 

يَكَادُ الْبَرْقُ يَخْطَفُ اَبْصَارَهُمْ ۗ كُلَّمَآ اَضَاۤءَ لَهُمْ مَّشَوْا فِيْهِ ۙ وَاِذَآ اَظْلَمَ عَلَيْهِمْ قَامُوْا ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَذَهَبَ بِسَمْعِهِمْ وَاَبْصَارِهِمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

 

"Hampir saja kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali kilat itu menyinari, mereka berjalan di bawah sinar itu. Dan apabila gelap menerpa mereka, mereka berhenti. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya Dia hilangkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sungguh Allah kuasa atas segala sesuatu."

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut