get app
inews
Aa Read Next : Viral Mobil Esemka Rusak, Pemilik Ngeluh Susah Cari Spare Part kini Jadi Rongsokan

Viral Kapolsek Termuda dan Cantik Baru 2 Bulan Bertugas Ungkap Kasus Narkoba dan Pembunuhan

Kamis, 30 September 2021 | 16:17 WIB
header img
Viral Kapolsek termuda ini berpangkat dan bernama lengkap Ipda Nadya Ayu Nurlia. (Foto: iNews/Muhammad Yusuf Marpaung)

INDRAGIRI HULU, iNews.id – Viral Kapolsek termuda ini berpangkat dan bernama lengkap Ipda Nadya Ayu Nurlia. Dia menjadi Kapolsek Batang Gansal dalam usia 23 tahun. 

Selain terbilang usia belia, Nadya juga bisa dibilang kapolsek cantik. Polsek Batang Gansal yang dipimpinya berada dalam jajaran Polres Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Ipda Nadya Ayu Nurlia kini menjadi viral di media sosial.  Meski baru dua bulan menjabat, kapolsek termuda di Riau ini berhasil mengungkap sejumlah kasus. 

Kisah kapolsek termuda dan cantik ini pun viral di media sosial dan menjadi perbincangan warganet. Kasus yang diungkap di antaranya peredaran sabu-sabu dan pembunuhan anak. 

“Selama saya menjabat sebagai kapolsek, kasus yang kami ungkap peredaran narkoba yaitu sabu-sabu sebesar 39,61 gram dan juga penemuan mayat bocah laki-laki usia 13 tahun,” kata lulusan Akpol Angkatan 2020 ini, Kamis (30/9/2021). 

Ipda Nadya Ayu Nurlia mengungkapkan, tidak menyangka di usianya yang masih muda diberikan kepercayaan untuk menjadi Kapolsek Batang Gansal. Tak hanya di Riau, perempuan kelahiran Bengkulu 16 Maret 1998 itu disebut-sebut menjadi salah satu kapolsek termuda di Indonesia. 

Sebelum menjadi kapolsek, Nadya bertugas menjadi Danton Samapta Polda Riau sekitar setahun. Pada Agustus 2021, dirinya langsung diberikan amanah untuk menjadi Kapolsek Batang Gansal. Tugas baru itu menjadi tantangan baginya. Sebab, dia harus memimpin banyak anggota yang berusia lebih tua darinya. Bahkan, ada yang seusia ayahnya. 

“Menjabat sebagai kapolsek merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Saya harus memimpin anggota yang usianya jauh di atas saya, bahkan seusia ayah saya. Saya juga harus mengatasi permasalahan-permasalahan di masyarakat, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini,” katanya.  

Setiap hari, mengawali aktivitas paginya, Nadya terlebih dahulu beribadah. Kemudian dengan memakai seragam  lengkap, Nadya menuju Kantor Polsek Batang Gansal untuk memberikan arahan kepada bawahannya. 

Meskipun usianya masih 23 tahun, dia berusaha menjadi pemimpin yang baik dan bisa diteladani anggotanya. Nadya juga menerapkan sistem kekeluaragaan dan mengutamakan kejujuran di lingkungan polsek yang dipimpinnya. 

“Walaupun usia saya jauh lebih muda daripada anggota, tapi tetap sebagai pimpinan, saya harus memberikan teladan yang baik kepada anggota. Di polsek ini, saya menerapkan sistem kekeluargaan, saling menghormati dan jujur,” katanya.

Putri pertama dari empat bersaudara yang hidup dari keluarga sederhana ini juga kerap turun ke lapangan untuk sosialisasi ke sekolah, puskesmas dan bersama warganya. Nadya bahkan mendatangi permukiman Suku Talang Mamak yang merupakan suku pedalaman  di Provinsi Riau. 

Menurut Ipda Nadya Ayu Nurlia, keinginan untuk menjadi polisi muncul saat dirinya menjadi pasukan Paskibraka. Dia kagum melihat kegagahan para taruna dalam balutan seragamnya. Saat itulah dia bertekad untuk polisi.  “Saya jadi paskibraka tahun 2014. 

Di situ saya melihat pasukan-pasukan peserta upacara dari taruna terlihat gagah. Kakak kelas saya juga ada yang lulus sebagai Taruna Akpol dan,” katanya. 

Nadya juga ingin membanggakan kedua orang tuanya dengan profesi yang dia pilih. “Saya ingin menunjukkan bahwa saya bisa dan saya ingin membanggakan kedua orang tua saya,” katanya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut