INFOGRAFIS: Pakai Kostum Squid Game, Buruh Korsel Tuntut Kenaikan Upah

Salsabila Nur Rizki
.
Jum'at, 22 Oktober 2021 | 21:54 WIB

SEOUL, iNews.id - Konfederasi Serikat Buruh Korea Selatan berunjuk rasa di penjuru negara itu untuk menuntut kenaikan upah minimum. Mereka mengenakan kostum Squid Game, serial Netflix bertema life survival yang sedang populer di seluruh dunia.

Pakaian Squid Game merepresentasikan pesan dari serial tersebut bahwa mereka juga pekerja yang mempertaruhkan nyawa untuk mencari nafkah. 

Lee Chang Keun, mantan pekerja Ssangyong Motors, mengatakan kepada ABC News, beberapa adegan dalam serial itu sulit untuk ditonton. 

“Dalam Squid Game Anda melihat karakter yang berjuang untuk bertahan hidup setelah diberhentikan di tempat kerja. Berjuang untuk berbisnis restoran ayam goreng atau bekerja sebagai pengemudi 'daeri'. Itu mengingatkan pada teman kerja saya yang meninggal," tuturnya. 

Para pekerja pabrik, pegawai non-kontrak, pengantar makanan, dan lainnya, bukan hanya menuntut kenaikan upah, tapi juga mendesak jaminan kelanjutan bagi pegawai non-kontrak.

Menurut aturan di Korsel, para pegawai kantor dan pabrik harus melalui 1 sampai 2 tahun masa kerja dengan status non-kontrak sebelum diangkat menjadi karyawan kontrak dan tetap.

Mereka menuntut jaminan keamanan kerja karena khawatir akan ada pemberghentian atau pemecatan sepihak di tempat kerja sebelum mencapai status karyawan tetap.

Editor : Aditya Nur Kahfi
Bagikan Artikel Ini