Deretan Pengusaha Sukses Wanita Asal Indonesia yang Mendunia, Nomor 1 Berharta Rp23,6 Triliun

Ratih Ika Wijayanti
Pengusaha Sukses Wanita Asal Indonesia yang Mendunia, Salah Satunya Marina Budiman. Foto: DCI

3. Anne Patricia Sutanto

Anne Patricia Sutanto merupakan vice president director dari PT Pan Brothers Tbk. Perusahaan ini merupakan produsen garmen dari beberapa merek seperti Nike, Reebok, hingga Uniqlo.

Anne Patricia mulai bergabung dengan perusahaan ini sejak tahun 1997 silam. Kiprahnya untuk turut mengembangkan perusahaan pun berhasil mengantarkan Pan Brothers meraih pendapatan hingga sebesar USD340 juta. Pada tahun 2016, perusahaan ini telah memiliki 14 pabrik dan akan terus bertambah.  

Selain itu, Anne Patricia juga memiliki usahanya sendiri yakni Homeware International yang merupakan produsen furniture dan aksesoris rumah untuk ekspor ke luar negeri.

4. Martha Tilaar

Anda tentu sudah tak asing dengan produk kosmetik legendaris dengan merek Sariayu. Brand ini merupakan milik dari sosok pengusaha wanita Indonesia bernama Marta Tilaar. Pengusaha wanita yang sukses berbisnis kosmetik ini membangun bisnisnya dari nol hingga menjadi salah satu brand kosmetik legendaris di Tanah Air.

Martha Tilaar mengawali bisnis ini sejak tahun 80-an. Wanita kelahiran Gombong, Kebumen, Jawa Tengah ini fokus pada produk kosmetik yang berasal dari bahan dan ramuan tradisional khas Indonesia. Produknya pun sangat diterima tak hanya di Indonesia tapi hingga ke luar negeri. Martha Tilaar berhasil mempertahankan eksistensi produk kosmetiknya lebih lebih dari 40 dekade.

Editor : Eka Dian Syahputra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network