5 Tips Memilih Konsultan Pajak Terbaik, Pengusaha Pemula Harus Tahu

Fitria Dwi, Jurnalis
Tips memilih konsultan pajak terbaik (Foto: Pexels)

Konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi tentang perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan serta memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam hal ini konsultan pajak Surabaya, Bandung, Jakarta, Semarang akan membantu wajib pajak untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak.

Pada akhirya wajib pajak bisa melaksanakan kewajiban membayar perpajakannya dengan sangat baik. Lantas, apa saja tugas wajib pajak? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Saja Tugas Konsultan Pajak?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pajak terpercaya. Pengusaha terlebih dahulu harus mengetahui apa saja tugas dari konsultan pajak Surabaya. Berikut ini beberapa tugas konsultan pajak, antara lain.

1. Mengajak Klien agar Selalu Patuh Terhadap Pajak 

Keberadaan jasa konsultan pajak secara tidak langsung akan membantu mendisiplinkan klien supaya selalu patuh dan tepat waktu dalam membayar pajak.

Klien yang tidak patuh pajak biasanya minim pengetahuan atau belum paham mengenai prosedur perpajakan sehingga membuatnya bingung, Ketidaktahuan klien tentang prosedur yang benar akan menjadi tugas konsultan pajak Jakarta untuk memberitahukannya.

2. Membantu Memeriksa Laporan Pajak

Tugas konsultan pajak selanjutnya yaitu membantu memeriksa laporan pajak  yang sudah dibayar oleh klien.

Laporan pajak yang akan diperiksa yaitu prosedur yang benar, evaluasi dan juga besaran pajak yang dilaporkan. Hal ini penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir kesalahan laporan.

3. Membantu Menghitung Rencana Pajak yang Harus Dibayar

Apabila konsultan pajak mendapatkan klien yang merupakan pengusaha kena pajak. Pengusaha kena pajak harus mempunyai perencanaan perhitungan pajak dalam usahanya serta jenis pajak apa yang akan diberlakukannya.

Tugas konsultan pajak Surabaya dalam hal ini yaitu membantunya dalam menghitung perencanaan pajak yang harus dibayar.

4. Mendampingi Client dalam Proses Penghitungan Pajak

Bagi pengusaha yang tidak memiliki pengetahuan lebih mengenai pajak pasti akan kebingungan saat terjadi pemeriksaan pajak.

Dalam kondisi seperti ini, perusahaan pasti membutuhkan jasa konsultan pajak terbaik untuk mendampingi ketika sedang dilakukan pemeriksaan perpajakan. Konsultan Pajak juga akan membantu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Editor : Iman Ridhwan Syah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network