Makna Filosofis Simbol Surya dalam Kehidupan Beragama Masyarakat Majapahit

Avirista Midaada/Fatiha Eros Perdana
Makna Filosofis Simbol Surya dalam Kehidupan Beragama Masyarakat Majapahit. (Foto: Fatiha Eros Perdana/Net Bekasi)

BEKASI, iNewBekasi.id - Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan besar di Nusantara pada masa lampau yang sangat dipengaruhi oleh agama Hindu.

Agama Hindu Siwa menjadi agama utama yang berkembang pesat di wilayah kerajaan ini. Meskipun begitu, terdapat juga kepercayaan lain yang diakomodir.

Dalam kehidupan beragama pada masa Majapahit, dikenal kultus terhadap dewa-dewa seperti dewa matahari. Konsep kosmogoni sangat mempengaruhi pandangan hidup masyarakat Majapahit.

Berdasarkan kutipan dari buku "700 Tahun Majapahit (1293-1993): Suatu Bunga Rampai", pandangan hidup masyarakat Majapahit didasarkan pada konsep kosmogoni dunia yang dipengaruhi oleh kekuatan alam seperti arah mata angin, bintang, dan planet. Kesejahteraan dan kemakmuran akan terwujud jika ada keselarasan antara mikrokosmos dan makrokosmos.

Susunan bangunan dan benda-benda keramat pada masa Majapahit merefleksikan konsep kosmologi yang dipegang. Penyusunan letak bangunan mengikuti orientasi mata angin yang dianggap penting. Kultus terhadap dewa matahari juga sangat populer, terlihat dari banyaknya simbol surya dalam kehidupan keagamaan. Hal tersebut tercermin dalam "700 Tahun Majapahit (1293-1993): Suatu Bunga Rampai".

Simbol "Surya Majapahit" terlihat pada beberapa candi seperti Penataran, Rimbi, dan Jabung. Ciri utamanya adalah unsur pusat yang dikelilingi oleh garis atau sinar berjumlah empat atau kelipatannya, melambangkan matahari.

Maka, wujud "Surya Majapahit" mengikuti arah mata angin atau kosmologi. Penghormatan kepada Dewa Surya dalam kehidupan keagamaan Majapahit didasari oleh konsep penghormatan terhadap matahari yang berkembang sebelum agama Siwa menjadi agama negara.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network