Keren! Bale Wartawan Jakarta Pusat Gelar Pelatihan Jurnalistik di Ponpes Pabelan Magelang

Wahab Firmansyah
Pokja Bale Wartawan Jakarta Pusat (BWJP) menggelar pelatihan jurnalistik di Ponpes Pabelan, Magelang, Jawa Tengah. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Pokja Bale Wartawan Jakarta Pusat (BWJP) menggelar kegiatan sosial mengajar di Pondok Pesantren (Ponpes) Pabelan, Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis, 3 Oktober 2024 kemarin. Pelatihan jurnalistik bagi para santri itu sebagai rangkaian dari perayaan HUT BWJP ke-20.

Ketua Panitia BWJP Goes to Jogja Christian Dior Silitonga mengatakan, kegiatan itu berisi lelatihan dasar-dasar jurnalistik dan edukasi bahaya hoaks di media sosial. Selain menyampaikan sejumlah materi pelatihan, kegiatan ditutup dengan lomba menulis antarpeserta.

"Tidak cuma materi dasar jurnalistik, kami sampaikan pemahaman tentang info hoaks dan cara menangkalnya. Sehingga mereka tidak mudah terhasut atau dibutakan oleh informasi yang salah," katanya.

Christ menuturkan, perkembangan media sosial belakangan ini sangat massif di tengah masyarakat. Namun sayangnya, kondisi ini kerap dimanfaatkan sejumlah oknum melakukan penyesatan informasi atau penyebaran informasi bohong demi memuluskan kepentingannya.

Karena itu, para santri dan santriwati Ponpes Pabelan yang menjadi peserta kegiatan diedukasi agar bisa memilah informasi.  Praktiknya, mereka diedukasi agar tidak langsung percaya dan mau melakukan pengecekan hingga terkonfirmasi kebenaran informasi yang didapat melalui dunia maya itu.

"Contohnya, jika mendapat info dari medsos lebih baik cek dan ricek melalui media mainstream. Atau jika kita punya saudara di lokasi yang diinfokan untuk mengecek ke saudara, rekan di seputaran lokasi,” ujarnya.

Pengasuh Ponpes Pabelan, Ahmad Nadjib Amin Hamam mengatakan, sejak Ponpes berdiri, baru kali ini digelar pelatihan jurnalistik.Pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan ini sekaligus memantik kesadaran membaca dan menulis pada anak.

Hal ini sangat penting lantaran perkembangan zaman cenderung memicu generasi muda malas membaca dan menulis. "Mudah-mudahan ini adalah awal yang bukan terakhir. Tapi akan menyusul acara berikutnya untuk anak Pabelan,” ujarnya.

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengaparesiasi kegiatan jurnalis mengajar di Pesantren Pabelan sebagai rangkaian HUT BWJP ke-20.  "Selamat HUT ke-20 BWJP. Semoga teman-teman yang tergabung dalam BWJP bisa selalu memberikan informasi berimbang, akurat dan berkontribusi pada Indonesia lebih baik dengan pemberitaan yang kritis dan membangun," ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network