Pastikan Kelancaran Nataru, Dirut PLN Icon Plus Tinjau Kesiapan Data Center

Wahab Firmansyah
Dirut PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi saat melakukan kunjungan ke fasilitas Data Center PLN Icon Plus. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsBekasi.id- Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi melakukan pengecekan ke fasilitas Data Center PLN Icon Plus. Ini dilakukan untuk memastikan kelancaran operasional jaringan teknologi informasi dan komunikasi selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Ari mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk memastikan beberapa kesiapan diantaranya kesiapan infrastruktur digital, manajemen operasional, serta mitigasi risiko selama periode puncak konsumsi listrik dan aktivitas digital masyarakat.

Data Center, lanjut Ari, memiliki peran penting dalam mendukung stabilitas dan kehandalan layanan PLN, terutama di tengah peningkatan kebutuhan listrik dan komunikasi yang signifikan selama periode libur akhir tahun.

"Data Center itu tulang punggung dari semua layanan teknologi dan komunikasi kita. Dengan memastikan kesiapan infrastruktur ini, kami ingin memastikan bahwa masyarakat dapat menikmati layanan yang stabil, aman, dan andal selama momen Natal dan Tahun Baru," katanya dalam siaran tertulis pada Selasa (24/12/2024).

Ari menuturkan, pihaknya telah memobilisasi seluruh 10 Strategic Business Unit (SBU) Regional untuk bekerja sama dengan unit-unit PLN yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk PLN UID, UIT, dan UIW, PLN UIP2B, PLN P2B, beserta dengan subholding dan Anak Perusahaan lainnya seperti Haleyora Power dan PLN Nusa Daya. 

Sinergi PLN Group ini diharapkan dapat memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam menikmati layanan telekomunikasi dan sistem ketenagalistrikan selama momen spesial ini.

Dia melanjutkan, pihaknya telah melakukan persiapan menyeluruh terhadap berbagai infrastruktur vital, meliputi jaringan telekomunikasi, radio komunikasi, backup power supply POP, network backbone, fiber optic jalur backbone, keamanan siber, hingga pusat kendali operasi (NOC Command Centre). 

Tim siaga, kendaraan operasional, serta alat pendukung lainnya juga telah disiapkan untuk memastikan keandalan layanan.

"Sebanyak lebih dari 630 tim siaga yang mencapai lebih dari 2.300 personel telah dipersiapkan, didukung oleh 381 motor dan 289 mobil operasional," tuturnya.

Tak itu saja, menurut Ari, sebagai bagian dari dukungan terhadap transisi energi, PLN Icon Plus turut berpartisipasi untuk kehandalan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN yang tersebar di hampir seluruh penjuru negeri. 

Salah satunya dengan platform pendukung penggunaan SPKLU, yaitu PLN Mobile dan Charge.in, PLN Icon Plus memastikan agar pengalaman pelanggan dalam mengakses aplikasi tersebut tetap terjaga dengan baik.

Untuk menjaga keandalan layanan, PLN Icon Plus menerapkan sistem pemantauan real-time selama 24/7. Jalur-jalur yang masuk kategori waspada dan bahaya akan mendapatkan prioritas mitigasi dengan langkah-langkah proaktif untuk meminimalkan risiko gangguan.

“Kami berkomitmen penuh untuk mendukung kelancaran perayaan Natal dan Tahun Baru dengan memastikan stabilitas jaringan telekomunikasi dan mendukung sistem ketenagalistrikan PLN di seluruh Indonesia. Dengan pemantauan berkala dan mitigasi proaktif, PLN Icon Plus siap memberikan pelayanan andal dan terbaik untuk kenyamanan masyarakat di momen spesial ini,” ucapnya.
 

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network