BEKASI, iNewsBekasi.id- PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi memastikan kesiapan pasokan listrik yang aman dan andal selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. PLN UP3 Bekasi mengerahkan sebanyak 225 personel petugas teknik yang siap siaga selama 24 jam.
Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra mengatakan, dengan komitmen tinggi untuk mendukung kenyamanan masyarakat, PLN UP3 Bekasi telah menyiagakan sejumlah personel, peralatan, dan posko untuk menjaga kelancaran suplai listrik selama masa perayaan ini.
"Masa Siaga Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 telah ditetapkan mulai 18 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025," kata Donna dalam siaran tertulis pada Kamis (26/12/2024).
Donna menuturkan, PLN UP3 Bekasi mengerahkan 225 personel petugas teknik yang siap siaga selama 24 jam. Untuk mendukung operasional, disiapkan pula 28 unit mobil operasional, 14 motor, 4 perahu karet, 9 pompa penyedot air, 7 unit genset, 13 Unit Gardu Bergerak (UGB), 3 Unit Kabel Bergerak (UKB), 1 Uninterruptible Power Supply (UPS), 1 unit crane, serta 14 posko siaga yang tersebar di tujuh lokasi strategis.
Dia melanjutkan, proyeksi kondisi kelistrikan selama Siaga Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 menunjukkan sistem kelistrikan PLN UP3 Bekasi memiliki daya pasok sebesar 1.740 MW dengan beban puncak diperkirakan mencapai 970 MW. Dengan demikian, terdapat kapasitas cadangan yang memadai untuk menjamin pasokan listrik tetap stabil.
"Kami juga melakukan pengamanan khusus di 20 tempat ibadah (gereja), 25 area publik berpotensi keramaian, 3 kantor pemerintahan daerah, 2 stasiun LRT, 2 stasiun kereta api, 1 rest area dan 19 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)," tuturnya.
Menurut Donna, pihaknya memahami betapa pentingnya pasokan listrik yang andal selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu, PLN UP3 Bekasi telah mempersiapkan segala sumber daya yang diperlukan untuk memastikan masyarakat dapat menjalani momen ini dengan nyaman dan tanpa gangguan listrik.
Donna melanjutkan,kerja sama antara PLN dan masyarakat juga sangat penting dilakukan. Oleh karena, Donna mengimbau masyarakat untuk menggunakan listrik secara bijak dan melaporkan segera jika terjadi gangguan melalui aplikasi PLN Mobile atau call center 123.
"Dengan kolaborasi yang baik, kami optimis dapat memberikan pelayanan terbaik selama masa siaga ini,” ujarnya.
Sementara itu, General Manager PLN UID Jawa Barat, Agung Murdifi mengungkapkan, ketersediaan pasokan listrik bagi pelanggan untuk perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 cukup bahkan memiliki cadangan daya yang aman.
“Kegiatan ibadah di gereja, perjalanan ke area publik, hingga kebutuhan listrik di stasiun kereta api dan SPKLU adalah prioritas kami. Dengan pengamanan dan pengawasan yang telah disiapkan, kami yakin dapat menjaga kepercayaan masyarakat terhadap layanan kelistrikan yang kami berikan,” ungkapnya.
Tak hanya itu, PLN juga terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pengelola tempat ibadah, pengelola fasilitas publik, serta pemerintah daerah untuk memastikan kesiapan semua aspek selama masa siaga ini.
“Kami percaya bahwa sinergi antara PLN, pemerintah, dan masyarakat adalah kunci keberhasilan dalam menjaga stabilitas sistem kelistrikan selama masa-masa sibuk seperti Natal dan Tahun Baru,” ucap Agung.
Editor : Wahab Firmansyah
Artikel Terkait