get app
inews
Aa Read Next : Perusahan Alkes asal Moskow Rusia Ramaikan HOSPITAL EXPO 2023

Jejak Presiden Soekarno di Rusia: Kembalinya Kumandang Azan di Masjid Biru Saint Petersburg

Rabu, 06 Juli 2022 | 06:00 WIB
header img
Masjid Biru di Rusia yang berdiri megah. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Di Rusia, terdapat jejak diplomasi Presiden Soekarno yang begitu monumental, yaitu kembalinya azan di Masjid Biru (Masjid Raya Saint Petersburg).

Kendati demikian, memang bukan Pemerintah Indonesia yang membangunnya. Tetapi atas desakan Bung Karno, pemerintahan Uni Soviet waktu itu bersedia kembali memfungsikan masjid megah itu usai sempat dialihfungsikan sebagai gudang obat dan peralatan medis.

Saat kekuasaan Komunis, hampir semua masjid dan gereja di Rusia ditutup, termasuk Masjid Biru yang dibangun pertama kali pada 1907 dan mulai digunakan pada 1913.

Saat pertama kali dibuka, masjid ini merupakan yang terbesar di Eropa, di luar Turki. Pengembangan masjid pada 1940 berhasil menambah daya tampungnya menjadi 5.000 jamaah. Setiap menaranya dibangun menjulang setinggi 49 meter. Selain itu kubah di bangunan utama dibuat setinggi 39 meter.

Pada 1956, saat menyambangi Rusia, Soekarno berniat melihat dan salat di Masjid Biru. Namun, pasukan Soviet tidak mengizinkan dan memintanya untuk salat di hotel saja.

Permintaan itu diamini Soekarno. Tapi sebelum pulang ke Tanah Air, dia meminta kepada pemimpin Uni Soviet kala itu, Nikita Khrushchev, untuk mengembalikan fungsi masjid. Khrushchev pun memenuhi permintaan Soekarno. Tak lama kemudian, menara-menara Masjid Biru kembali menggemakan suara azan.

Masjid Biru dibangun oleh arsitek Nikolai Vasilyev atas izin Tsar Nikolai II pada 1907. Vasilyev memberi ornamen berwarna toska pada kubahnya. Inilah yang membuatnya disebut Masjid Biru.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut