get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Korupsi Sewa Tanah Desa Rp630 Juta, Kepala Desa Karang Rahayu Bekasi Ditahan

Ini Deretan Negara di Dunia Paling Bersih dari Korupsi, Apa Kabar Indonesia?

Sabtu, 09 Juli 2022 | 14:13 WIB
header img
Ilustrasi korupsi (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Negara di dunia paling bersih dari kasus korupsi menarik untuk dibahas. Salah satu masalah yang tak dapat dihindari di seluruh negara di dunia ialah korupsi. Perbuatan yang dilakukan sekelompok orang yang haus kekayaan ini, sangat merugikan masyarakat dan negara. 

Kendati demikian, terdapat sejumlah negara yang bersih dari kasus korupsi. Berdasarkan Corruption Perception Index (CPI) tahun 2020, negara yang bersih dari kasus korupsi biasanya memiliki transparansi yang tinggi dalam berbagai bidang.

Angka CPI yang semakin mendekati 0 menandakan bahwa tingkat korupsi di negara tersebut sangat tinggi. Sebaliknya, jika angka CPI mendekati 100 maka tingkat korupsi di negara itu sangat rendah. Berikut ini daftar negara di dunia yang paling bersih dari korupsi.

1. Denmark

Denmark menjadi negara urutan pertama di dunia dengan kasus korupsi paling bersih di dunia. Skor CPI di negara ini pada 2021 adalah 88. Pada 2016, skor CPI Denmark bahkan mencapai 90. Praktik suap di kalangan aparatur negara di Denmark jumlahnya dapat dihitung jari. 

Salah satu alasan negara ini bersih dari korupsi adalah sistem pendaftaran aparatur negara yang ketat. Dalam setiap tes menjadi aparatur negara terdapat tes khusus di bidang korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Dengan tes tersebut, diharapkan para calon aparatur negara dapat membedakan mana hak milik pribadi dan mana hak milik negara.

2. Finlandia

Finlandia memiliki skor CPI yang sama dengan Denmark, yakni 88, pada tahun 2021. Negara ini mampu meningkatkan skor CPI dari 85 menjadi 88 hanya dalam setahun. Hal ini membuktikan bahwa Finlandia dapat mengatasi permasalahan korupsi di negara ini. 

Kasus korupsi di pemerintahan Finlandia hampir tidak ada, tradisi suap dan gratifikasi juga jarang ditemukan di negara ini. Bersihnya kasus korupsi di negara ini berkat budaya transparansi di berbagai penyelenggara negara. Mulai dari sistem pengendalian internal dan eksternal, sampai keterlibatan masyarakat sipil dalam memberantas korupsi. Dengan bersihnya kasus korupsi, menjadikan pelayanan publik di Finlandia sangat mengagumkan, angka kemiskinan dan kriminalitas di negara juga menjadi rendah.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut