get app
inews
Aa Read Next : Cukur Vietnam 3-0, Timnas Indonesia Jaga Peluang ke Piala Dunia

Ini Deretan Negara di Dunia Paling Bersih dari Korupsi, Apa Kabar Indonesia?

Sabtu, 09 Juli 2022 | 14:13 WIB
header img
Ilustrasi korupsi (Foto: Okezone)

3. Selandia Baru

Selandia Baru menempati posisi selanjutnya sebagai negara yang bersih dari kasus korupsi. Di negara ini, para koruptor akan mendapatkan sanksi yang sangat tegas. Badan Independen dibuat oleh Selandia Baru untuk memberikan hukuman berupa sanksi sosial bagi para koruptor. Sanksi sosial ini berupa tekanan dari masyarakat yang akan membuat pejabat tersebut mundur dengan sendirinya. Selain itu, negara ini juga memberlakukan hukuman penjara minimal 14 tahun bagi orang yang terbukti melakukan korupsi. Skor CPI di Selandia Baru pada 2021 mencapai 88, sama seperti Denmark dan Finlandia.

4. Norwegia

Norwegia menempati urutan keempat sebagai negara terbersih dari korupsi di dunia. Pada 2021, skor CPI di negara ini adalah 85. Di tahun sebelumnya, skor CPI di negara ini sebesar 84. Angka ini belum terbilang baik, karena pada tahun 2015, skor CPI Norwegia berada pada angka 88. Negara ini menjadi negara paling bahagia di dunia karena rendahnya tingkat korupsi yang terjadi. Pemerintah Norwegia fokus dalam memberikan perhatian kepada rakyat, sehingga kasus korupsi di pemerintahan sangat kecil.

5. Singapura

Singapura menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang masuk ke dalam 5 besar negara terbersih dari kasus korupsi. Negara ini memperoleh skor CPI yang sama dengan Norwegia yakni 85, pada 2021. Singapura tetap menjadi satu-satunya negara Asia yang berada di peringkat 10 besar dalam sepuluh tahun terakhir.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut