get app
inews
Aa Read Next : Salip Arnault, Elon Musk Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia dengan Kekayaan Rp2.965 Triliun

Kisah Amancio Ortega, Bos Zara yang Putus Sekolah hingga Sukses Jadi Miliarder

Minggu, 10 Juli 2022 | 17:44 WIB
header img
Amancio Ortega yang merupakan pendiri merek Zara adalah pribadi yang gila bekerja dan enggan tampil di depan publik. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Merek fashion Zara kini menjadi salah satu koleksi favorit para penggemar fesyen. 

Beberapa orang mungkin bakal berpikir sang pemilik merupakan seseorang yang begitu mencintai fashion dan senang menjadi pusat perhatian, tetapi siapa sangka Amancio Ortega selaku pendiri merek Zara adalah pribadi yang gila bekerja dan enggan tampil di depan publik.

Walau menjadi salah satu orang terkaya di dunia, Ortega diketahui sebagai individu yang sederhana. Dia sangat gemar makan di kantin perusahaannya dan menghabiskan 25 tahun dalam hidupnya tanpa berlibur. 

Dikutip MNC Portal Indonesia dari beberapa sumber, harta kekayaan yang dimiliki oleh bos Zara ini mencapai 54,9 miliar dolar AS atau setara Rp794,98 triliun berdasarkan data Forbes. Ortega menduduki posisi ke-23 orang terkaya di dunia saat ini. 

Selain Zara, pengusaha asal Spanyol ini juga memiliki 60 persen saham Inditex dengan delapan merek terkenal lainnya termasuk Massimo Dutti dan Pull and Bear.

Amancio Ortega yang lahir di Kota Leon pada tahun 1936 merupakan anak bungsu. Saat umur 14 tahun Ortega terpaksa ikut pindah saat ayahnya dimutasi ke kota lain. Hal ini membuat Ortega akhirnya berhenti sekolah dan mulai bekerja sebagai office boy di sebuah pabrik baju di sudut Kota La Coruna. 

Ketertarikannya berawal dari pengamatan Ortega yang kemudian memberinya sebuah ide untuk membuat pakaian sendiri. Niatnya pun sangat mulia, dia ingin orang-orang bisa mengenakan pakaian yang bagus namun dengan harga yang terjangkau. Dia pun meniru pakaian yang dijual dengan harga mahal dan menciptakan versi murahnya. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut