get app
inews
Aa Read Next : Jerman Resesi, Ekonomi Eropa Diproyeksikan Tumbuh Lebih Lambat

Seperti Sri Lanka, Ini Daftar Sembilan Negara yang Terancam Bangkrut

Jum'at, 15 Juli 2022 | 07:59 WIB
header img
9 Negara Terancam bangkrut seperti Sri Lanka. (Foto: Okezone.com/AFP)

5. Lebanon

Negara ini berbagi dengan Sri Lanka kombinasi beracun dari keruntuhan mata uang, kekurangan, tingkat inflasi yang menghukum dan kelaparan yang meningkat, antrian yang mengular untuk gas dan kelas menengah yang hancur. Itu juga mengalami perang saudara yang panjang, pemulihannya terhambat oleh disfungsi pemerintah dan serangan teror.

Usulan pajak pada akhir 2019 memicu kemarahan lama terhadap kelas penguasa dan protes berbulan-bulan.

Mata uang mulai tenggelam dan Lebanon gagal membayar kembali senilai sekitar USD90 miliar pada saat itu, atau 170% dari PDB — salah satu yang tertinggi di dunia. Pada Juni 2021, dengan mata uang yang telah kehilangan hampir 90% nilainya, Bank Dunia mengatakan krisis tersebut menempati peringkat salah satu yang terburuk di dunia dalam lebih dari 150 tahun.

6. Laos

Negara yang kecil dan terkurung daratan adalah salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat sampai pandemi melanda. Tingkat utangnya telah melonjak dan seperti Sri Lanka, Sri Lanka sedang dalam pembicaraan dengan kreditur tentang cara membayar kembali pinjaman senilai miliaran dolar.

Itu masalah mendesak mengingat keuangan pemerintah negara yang lemah. Cadangan devisanya sama dengan kurang dari dua bulan impor, kata Bank Dunia. Depresiasi 30% dalam mata uang Laos, kip, telah memperburuk kesengsaraan itu. Kenaikan harga dan hilangnya pekerjaan karena pandemi mengancam akan memperburuk kemiskinan.

7. Afghanistan

Negara ini terhuyung-huyung akibat krisis ekonomi yang mengerikan sejak Taliban mengambil kendali ketika AS dan sekutu NATO-nya menarik pasukan mereka tahun lalu. Bantuan asing—yang telah lama menjadi andalan berhenti praktis dalam semalam dan pemerintah memberlakukan sanksi, menghentikan transfer bank dan melumpuhkan perdagangan, menolak untuk mengakui pemerintah Taliban.

Pemerintahan Biden membekukan USD7 miliar cadangan mata uang asing Afghanistan yang disimpan di Amerika Serikat. Sekitar setengah dari 39 juta penduduk negara itu menghadapi tingkat kerawanan pangan yang mengancam jiwa dan sebagian besar pegawai negeri, termasuk dokter, perawat, dan guru, tidak dibayar selama berbulan-bulan. Sebuah gempa bumi baru-baru ini menewaskan lebih dari 1.000 orang, menambah kesengsaraan itu.

8. Argentina

Sekitar empat dari setiap 10 orang Argentina miskin dan bank sentralnya kehabisan cadangan devisa karena mata uangnya melemah. Inflasi diperkirakan akan melebihi 70% tahun ini. Jutaan orang Argentina bertahan hidup sebagian besar berkat dapur umum dan program kesejahteraan negara, banyak di antaranya disalurkan melalui gerakan sosial yang kuat secara politik terkait dengan partai yang berkuasa.

Kesepakatan baru-baru ini dengan IMF untuk merestrukturisasi utang USD44 miliar menghadapi pertanyaan atas konsesi yang menurut para kritikus akan menghambat pemulihan.

9. Mesir

Tingkat inflasi Mesir melonjak hampir 15% pada bulan April, menyebabkan kemiskinan terutama bagi hampir sepertiga dari 103 juta penduduknya yang hidup dalam kemiskinan. Mereka sudah menderita dari program reformasi ambisius yang mencakup langkah-langkah penghematan menyakitkan seperti mengambangkan mata uang nasional dan pemotongan subsidi untuk bahan bakar, air dan listrik.

Bank sentral menaikkan suku bunga untuk mengekang inflasi dan mendevaluasi mata uang, menambah kesulitan dalam membayar utang luar negeri Mesir yang cukup besar. Cadangan devisa bersih Mesir telah jatuh. Tetangganya Arab Saudi, Qatar dan Uni Emirat Arab telah menjanjikan USD22 miliar dalam bentuk deposito dan investasi langsung sebagai bantuan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut