get app
inews
Aa Read Next : Sahroni Tegaskan Komitmen DPR-Pemerintah Berantas OPM

Formappi Kritisi Mekanisme Penetapan Anggota BPK oleh DPR

Senin, 18 Juli 2022 | 20:42 WIB
header img
Gedung DPR (Foto: Dok Okezone)

“Kualitas dan integritas anggota BPK selain digerogoti oleh kepentingan di sisi lain juga oleh permainan transaksional yang tak terelakkan ketika kuasa penentuan anggota BPK sepenuhnya menjadi tanggung jawab AKD tertentu di DPR.” tegasnya.

Proses penentuan anggota dengan hanya bergantung pada suara anggota Komisi Keuangan DPR, sehingga dirinya menduga prosenya hampir tak terpisahkan dari urusan transaksi. Dikatakannya, seseorang yang bersaing menjadi calon anggota BPK tak cukup dengan mendapatkan dukungan dari Parpol, tetapi juga harus menyiapkan amunisi berupa uang untuk mengikat dukungan anggota DPR yang mempunyai hak suara dalam pemilihan akhir anggota BPK.

“Bukan cerita baru kalau proses seleksi di DPR selalu dipanaskan dengan isu permainan uang. Kasus Miranda Gultom dulu hanyalah yang ketahuan. Akan tetapi bukan berarti karena tidak ada yang tertangkap sekarang ini oleh KPK, permainan uang sudah tak ada lagi. Saya menduga permainan yang dalam setiap proses pemilihan selalu terjadi, hanya saja para pelakunya sudah bisa menemukan cara untuk membersihkan jejak saja.” jelasnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut