get app
inews
Aa Read Next : Ini Mobil Listrik Termahal di Indonesia, Harganya Nyaris Rp4 Miliar Hanya untuk 12 Orang

Ini Sederet Orang Kaya yang Dikenal Pelit Sepanjang Masa, Salah Satunya Charlie Chaplin

Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:00 WIB
header img
Orang Kaya Paling Pelit Sepanjang Masa Salah Satunya Charlie Chaplin. (Foto: Telegraph)

4. Leona Hemsley 

Leona Hemsley dikenal sebagai seorang maestro real estate yang curang dan pelit. Bahkan, dia enggan membayar karyawan yang bekerja dengannya. 

Dia juga pernah menolak membayar biaya pembangunan sebesar 88.000 dolar AS atau Rp1,26 miliar dan berulang kali menahan pembayaran dari kontraktor. Hemsley juga pernah melakukan penipuan terkait penjualan dan pajak penerimaan, dan membebankan semua biaya kebutuhan pribadinya ke hotel. 

Hemsley dan suaminya bahkan menolak untuk membayar pajak, sampai pada 1989 dia dan suaminya terungkap menggunakan 4 juta dolar AS dari dana perusahaan untuk merenovasi rumah mereka sendiri. 

5. J. Paul Getty 

J. Paul Getty merupakan orang terkaya di dunia yang juga dikenal cukup pelit. Pria kelahiran 1892 ini mengambil alih bisnis minyak ayahnya pada tahun 1930 dan menjalankan perusahaan tersebut hingga memiliki valuasi miliaran dolar. 

Terkenal dengan pelitnya, dia bahkan memasang telepon umum di rumahnya karena tidak ingin membayar tagihan telepon untuk para tamu yang datang ke rumahnya. Sifat pelitnya juga dia terapkan pada sanak saudaranya.  

Ketika cucunya diculik di Roma oleh sebuah geng, komplotan tersebut menuntut Getty untuk membayar 17 juta dolar AS sebagai tebusan. Namun, hal tersebut ditolak oleh Getty. Akibatnya, sang cucu disandera oleh kelompok penculik selama tiga bulan.  

Kemudian, karena belum mendapat uang, telinga cucu Getty dipotong dan dikirim ke rumahnya. Setelah kejadian tersebut, barulah Getty mengirimkan uang kepada penculik sebesar 3 juta dolar AS yang ternyata lebih sedikit dari yang diminta oleh para penculik. 

Lebih jahatnya, setelah sang cucu dibebaskan, dia menagih uang tebusan tersebut kepada cucunya sebesar 800.000 dolar AS dengan bunga 4 persen.

Itulah deretan orang kaya yang dikenal pelit sepanjang masa.  

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut