get app
inews
Aa Read Next : Sahroni Apresiasi Langkah Cepat Densus 88 Bekuk Terduga Teroris di Poso

BNPT Ungkap Farid Okbah Anggota JI dan Pernah Ikut Pelatihan di Afghanistan

Rabu, 17 November 2021 | 18:43 WIB
header img
Tersangka teroris, Farid Okbah disebut pernah mengikuti pelatihan di Afghanistan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkapkan tersangka teroris Farid Okbah adalah salah satu anggota Jamaah Islamiyah (JI) yang tercatat pernah mengikuti pelatihan di Afghanistan. Dia diringkus Densus 88 Antiteror Mabes Polri bersama tersangka lain, yakni Ahmad Zain An-Najah dan Anung Al-Hamad.

Farid Okbah diketahui menjabat Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI). Sementara Ahmad Zain An-Najah merupakan anggota Komisi Fatwa MUI yang sudah dinonaktifkan. Lalu Anung bekerja sebagai dosen.

"Farid Ahmad Okbah itu lulusan LIPIA. Dia juga alumni Afghanistan, dia juga JI," ucap Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Ahmad Nurwakhid di Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Walau tak mengungkap pasti kapan Farid pernah ikut pelatihan di Afghanistan , Ahmad mengatakan hal itu merupakan ranah dari penyidikan. Sehingga polisi belum bisa mengungkap hal tersebut ke publik lebih lanjut. 

Densus 88 Antiteror saat ini juga masih melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap Farid yang ditetapkan sebagai tersangka. 

"Artinya, dia juga terkait dengan jaringan teror JI," ujar Ahmad.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut