get app
inews
Aa
Read Next : Sepanjang 2022, Dinkes Kota Bekasi Catat Ada 700 Kasus HIV

Jangan Bingung! Cek HIV Ternyata Bisa di Puskesmas Loh!

Sabtu, 03 September 2022 | 20:39 WIB
header img
Jangan Bingung! Cek HIV Ternyata Bisa di Puskesmas Loh! (Foto: Ubertragung)

Jakarta, iNews.id - Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati, hal ini berlaku untuk Human immunodeficiency virus (HIV), yang belakangan tengah kembali marak terkait maraknya kasus HIV khususnya di kalangan remaja.

Sebagian masyarakat awam mungkin bingung, apakah deteksi dini dengan melakukan pengecekan HIV harus dilakukan di rumah sakit dengan biaya tinggi?

Faktanya tidak loh! Ketua Satgas HIV IDAI, Dr. Endah Citraresmi, SpA(K) mengatakan kalau pemeriksaan HIV bisa dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan, bahkan yang sederhana seperti Puskesmas dengan hal yang sangat terjangkau. Menjadikan, tak lagi alasan untuk tidak atau ragu memeriksakan diri.

"Sebetulnya tes HIV ini murah di puskesmas, karena sangat murah meriah dan tersedia di seluruh tempat," ucap Dr. Endah, dalam webinar virtual baru-baru ini.

Dalam kesempatan yang sama, ia dan bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menyoroti tingginya angka kasus positif HIV pada kelompok remaja di Bandung, Jawa Barat selama kurang lebih 30 tahun terakhir belakangan tengah menjadi sorotan publik.

Secara khusus, Dr. Endah menyoroti maraknya penggunaan narkotika dan obat-obatan yang digunakan dengan jarum suntik, yang memicu penularan HIV alias human immunodeficiency virus tersebut.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut