Logo Network
Network

HIV/AIDS Masih Menjadi Momok, Namun ODHA Jangan Diperlakukan Diskriminasi

Tim iNews.id
.
Jum'at, 03 Desember 2021 | 09:29 WIB
HIV/AIDS Masih Menjadi Momok, Namun ODHA Jangan Diperlakukan Diskriminasi
PERSOALAN HIV/AIDS hingga saat ini masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang.(Foto: Shutterstock)

PERSOALAN HIV/AIDS masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Bahkan karena kurangnya edukasi dan pemahaman tentang penyakit tersbut membuat Orang dengan HIV-AIDS (ODHA) seringkali mendapatkan perlakuan yang diskriminatif.

"HIV atau human immunodeficiency virus adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit," ujar dokter Liliana Handranatan dalam edukasi kesehatan bertepatan dengan Hari AIDS (Acquired Immunodeficiency syndrome) Internasional yang digelar Siloam Hospitals Balikpapan pada Rabu (1/12/2021) lalu.

Menurutnya, HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS. AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

"Jadi HIV itu adalah virusnya, sementara AIDS adalah kumpulan gejala yang disebabkan karena penurunan kekebalan tubuh," ujar dokter Voluntary Counseling Testing khusus untuk HIV-AIDS di Siloam Hospitals Balikpapan ini.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.