get app
inews
Aa
Read Next : Update Harga BBM Pertamina per 19 September 2023 di Seluruh SPBU, Daerah Ini Paling Mahal

Penyebab BBM Lebih Murah di Malaysia, Simak Penjelasannya

Kamis, 08 September 2022 | 13:00 WIB
header img
Penyebab BBM Lebih Murah di Malaysia. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Penyebab BBM Lebih murah di Malaysia bisa Anda ketahui di artikel ini. Di mana rupanya terdapat pembeda yang bikin harga BBM  di Malaysia lebih murah.

Tak hanya ada perbedaan komponen pembentuk harga di kedua negara, harga BBM di Malaysia dapat terus ditahan walau terdapat kenaikan harga minyak. Hal ini adalah hasil dari penerapan subsidi besar-besaran yang diterapkan Pemerintah Malaysia sendiri.

Penyebab BBM Lebih Murah di Malaysia

Dikutip dari Okezone, Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro menjelaskan, Pemerintah Malaysia memberikan subsidi bahan bakar sehingga harga bahan bakarnya juga tak mengikuti skema pasar. Namun, tujuan pemberian subsidinya berbeda dengan skema pemberian subsidi yang ada di Indonesia.

"Fokus Malaysia dengan kita (Indonesia) berbeda. Mereka fokus pertumbuhan sehingga memberikan subsidi yang besar," kata Komaidi di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Menurut Komaidi, informasi yang beredar di masyarakat soal harga BBM di Malaysia yang lebih murah dibandingkan di tanah air harus bisa dijelaskan secara gamblang oleh pemerintah atau Pertamina. Sehingga isu yang berkembang di masyarakat tidak menjadi bola liar dan memperkeruh suasana.

"Kalau ada yang menyampaikan bahwa Malaysia tidak ada subsidi mungkin belum mendapat info lengkap. Semestinya hal-hal semacam ini dengan sederhana dijelaskan oleh pemerintah atau Pertamina," kata Komaidi.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga (PPN), Subholding Commercial and Trading Pertamina Irto Ginting mengungkapkan, jika dibandingkan secara keseluruhan besarnya subsidi yang digelontorkan Malaysia sebenarnya tidak bisa menyamai subsidi yang sudah diberikan Pemerintah Indonesia.

"Subsidi mereka (Malaysia) sebenarnya besar, tapi kalau dibandingkan seluruh subsidi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia, itu jauh lebih besar," ungkap Irto.

Faktanya memang Harga Jual Eceran (HJE) di Malaysia lebih murah. Bahkan, produk yang dijual pun merupakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut