Logo Network
Network

Penyebab BBM Lebih Murah di Malaysia, Simak Penjelasannya

Iman Ridhwan Syah/Net Bekasi
.
Kamis, 08 September 2022 | 13:00 WIB
Penyebab BBM Lebih Murah di Malaysia, Simak Penjelasannya
Penyebab BBM Lebih Murah di Malaysia. (Foto: Shutterstock)

Penetapan harga eceran produk minyak bumi, baik bensin maupun solar di Malaysia yang telah berlaku sejak 1983 ditetapkan berdasarkan biaya operasional, margin untuk distributor produk minyak bumi, komisi untuk pemilik SPBU, pajak penjualan dan subsidi. Dengan komponen pemberian subsidi dan pengecualian pajak penjualan membuat harga BBM di Malaysia menjadi yang termurah dibanding negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

Bukan hanya itu saja, terdapat juga fakta lain yang membuat tidak bisa membandingkan harga BBM di Malaysia dengan di Indonesia secara apple to apple.

Pertama, Malaysia adalah negara pengekspor (Net Eksportir) minyak sedangkan Indonesia pengimpor (Net Importir). Kedua, jumlah penduduk Malaysia 32 juta jiwa. Ini jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 260 juta jiwa.

Terakhir ialah mengenai luas dan kompleksitas pendistribusian di Malaysia yang jauh lebih sederhana daripada Indonesia. Di mana Malaysia cuma daratan sedangkan Indonesia negara kepulauan sehingga ragam moda transportasi yang digunakan untuk distribusi otomatis menambah komponen biaya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini