get app
inews
Aa Read Next : Kapolri Perintahkan Lampu Rotator Mobil Polisi Ditutup Kaca Film 20 Persen

Kisah Jenderal M Jusuf Saat Pergoki Kapolri Jenderal Awaluddin Djamin Merokok

Minggu, 21 November 2021 | 10:43 WIB
header img
JENDERAL  M Jusuf dikenal sebagai jenderal yang tegas namun sangat dekat dengan para prajuritnya. Namun ada juga kebiasaan Jenderal M Jusuf lainnya yakni dia membenci rokok. (Foto: Ist)

JENDERAL  M Jusuf dikenal sebagai jenderal yang tegas namun sangat dekat dengan para prajuritnya. Namun ada juga kebiasaan Jenderal M Jusuf lainnya yakni dia membenci rokok.

Jusuf tidak segan-segan menegur orang yang ketahuan merokok sekalipun orang tersebut pejabat tinggi atau jenderal sekalipun.

Atmadji Sumarkidjo dalam buku "Jenderal M. Jusuf: Panglima Para Prajurit menuliskan, tidak ada yang berani terang-terangan kalau soal rokok. 

Semua tahu Jusuf benci rokok. Para penumpang, terutama para jenderal yang mengikuti perjalanan Jusuf dengan pesawat terbang, biasanya sembunyi-sembunyi untuk merokok. 

Mereka baru merokok setelah mengetahui Jusuf kembali ke cockpit. Kegiatan itu mereka lakukan di kabin belakang yang secara tidak tertulis "ditetapkan" sebagai tempat merokok.

Suatu ketika, Jusuf memergoki seorang jenderal sedang merokok. “Wah..wah...merokok ini jenderal,” kata Jusuf.  Kontan sang jenderal deg-degan. 

Namun, Kapolri Jenderal Awaluddin Djamin barangkali yang paling apes soal rokok. Saat sedang asik merokok, tiba-tiba dia melihat Jusuf sedang berjalan dan sudah dekat dengannya. Awaluddin yang kaget, secara refleks langsung mematikan rokok dengan cara meremasnya. Kontan tangannya pun mengalami luka bakar. Namun ketimbang dimarahi Jusuf, Awaluddin memilih menahan rasa sakit itu.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut