Ngeri, Inilah Sepuluh Gambaran Neraka Berdasarkan Alquran dan Hadis

Rizky Darmawan
.
Selasa, 20 September 2022 | 10:04 WIB
Ilustrasi Neraka. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Seperti diketahui, neraka dalah tempat untuk orang-orang kafir serta fasik yang durhaka pada Allah di masa hidupnya. Keadaan neraka yang menyeramkan juga digambarkan di Al-Qur'an dan hadis.

Walau neraka termasuk hal ghaib, kebenarannya tak diragukan lagi dan umat Islam wajib mengimaninya. Allah mengabarkan keadaan neraka ini sebagai peringatan dan pelajaran bagi manusia.

Lantas, bagaimana gambaran neraka berdasarkan Al-Qur'an dan Hadis? Simak informasinya berikut ini yang iNewsBekasi.id rangkum dari SINDONews.

Gambaran neraka berdasarkan Al-Quran dan Hadis

1. Lebih Luas dari Matahari

Dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: 

وعن أبي هريرة، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: الشمس والقمر ثوران مكوران في النار يوم القيامة

Hadits ini menjelaskan bahwa neraka nantinya akan lebih luas ketimbang matahari dimana pusat tata surya tersebut jauh lebih luas ketimbang Bumi.

2. Memiliki Dasar yang Sangat Dalam

Dalam Hadis Al-Bukhari disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

هذا حَجَر رمي به في النار منذ سبعين خريفًا، فلهو يهوي في النار الآن حين انتهى إلى قَعْرِها

Artinya: "Itu adalah suara batu yang dilempar di dalam neraka sejak 70 tahun lalu, batu itu jatuh ke dalam neraka dan sekarang dia baru sampai di dasarnya." (HR Al-Bukhari)

Dijelaskan bahwa neraka memiliki dasar yang amat dalam dan membutuhkan waktu 70 tahun untuk mencapainya.

3. Memiliki Bentuk yang Mengerikan

Hadits riwayat dari Uqban bin Amar, Rasulullah SAW bersabda:

عُرِضَت عليَّ النار، فأقبل إليَّ منها شيءٌ حتى دنا بمكاني هذا، فخشيتُ أن تغشاكم، فقلتُ: رب! وأنا فيهم، فصَرَفَها عنكم، فأدْبَرَت قِطَعًا كأنَّها الزَّرَابيُّ

Artinya: "Neraka ditampakkan kepadaku, lalu sesuatu menghampiriku hingga mendekat tempatku, aku takut dia akan menutupi kalian, lalu aku berkata ‘Tuhan, aku ada bersama mereka’, lalu Tuhan menggesernya. Dia (neraka) menghilang tapi tampak seperti tikar yang luas."

4. Memiliki Tikar dan Selimut dari Api

Allah menggambarkan keadaan neraka dalam Al-Qur'an. Berikut firman-Nya:

لَهُم مِّن جَهَنَّمَ مِهَادٌ وَمِن فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ ۚ وَكَذَٰلِكَ نَجْزِى ٱلظَّٰلِمِينَ

Artinya: "Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang zalim." (QS. Al-A'raf: 41)

Dimana manusia yang masuk kedalamnya akan tidur beralaskan api dengan diselimuti api di atasnya seakan tidak ada apa apa selain panas api yang berkobar.

5. Bahan Bakarnya Manusia dan Batu

فَإِن لَّمْ تَفْعَلُوا۟ وَلَن تَفْعَلُوا۟ فَٱتَّقُوا۟ ٱلنَّارَ ٱلَّتِى وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ ۖ أُعِدَّتْ لِلْكَٰفِرِينَ
 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini